Santai

Samsung Bakal Pakai Chipset Qualcomm untuk Smartphone Terbaru

Samsung Bakal Pakai Chipset Qualcomm untuk Smartphone Terbaru

MOMSMONEY.ID - Pabrikan smartphone asal Negeri Ginseng, Korea Selatan, Samsung selama ini dikenal selalu menggunakan dua chipset. Satu buatan mereka sendiri yakni Exynos dan satu lagi Snapdargon besutan Qualcomm.

Prosesor Snapdragon biasanya hadir di negara Amerika Serikat dan China. Sementara varian Exynos biasanya muncul di negara Eropa atau Asia, seperti dilansir dari Gizmochina.

Menariknya, menurut laporan terbaru dari analis Ming-Chi Kuo, Samsung tidak akan membawa versi Exynos untuk seri Galaxy S23 yang merupakan andalan mereka yang akan dirilis akhir tahun ini.

Ia mengklaim kalau smartphone tersebut hanya memakai chip baru dari Qualcomm.

Baca Juga: Samsung A03 Menjadi Smartphone Termurah dengan Kamera 48MP. Berapa Harganya? Samsung A03 Menjadi Smartphone Termurah dengan Kamera 48MP. Berapa Harganya?

Disebutkan kalau chipset itu memiliki nama kode SM8550 yang dibangun dengan fabrikasi 4nm oleh TSMC. Besar kemungkinan itu nama untuk Snapdragon 8 Gen 2 generasi berikutnya. Samsung sendiri sudah menyiapkan Exynos 2300 dengan fabrikasi 4nm sebagai penerus dari Exynos 2200. 

"Namun chipset ini tidak akan dipakai di Samsung Galaxy S23," ungkapnya.

Ia menjelaskan, hal ini karena Exynos 2300 tidak dapat bersaing dengan Snapdragon 8 Gen 2 di semua aspek.

Apalagi, Snapdragon 8 Gen 2 ini juga diharapkan dapat membawa performa dan efisiensi daya lebih baik ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 maupun Snapdragon 8+ Gen 1. Wajar ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News