HOME, Keluarga

Sama-Sama Punya Cangkang, Ini 4 Perbedaan Penting Penyu dan Kura-Kura

Sama-Sama Punya Cangkang, Ini 4 Perbedaan Penting Penyu dan Kura-Kura

MOMSMONEY.ID - Banyak orang menganggap kura-kura dan penyu adalah jenis hewan yang sama. Bagaimana tidak? Kura-kura dan penyu merupakan reptil yang termasuk dalam ordo Testudines. Ordo ini memiliki ciri khas adanya sebuah cangkang di punggungnya.

Lebih spesifik, cangkang ini terdiri dari karapas punggung (cangkang bagian punggung) dan plastron perut (cangkang bagian perut). Keduanya juga sama-sama memiliki 4 kaki di bawah cangkangngnya.

Namun, jika Anda memperhatikan secara lebih detail, keduanya sebetulnya tidak sama. Mereka hanya tampak serupa karena ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya. Jika Anda berniat untuk memeliharanya, sebaiknya Anda mengetahui beberapa perbedaan penting ini agar tak salah dalam merawat.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Makanan Kura-Kura Peliharaan yang Kaya Akan Nutrisi

Habitat

Hal yang pertama kali perlu diketahui adalah perbedaan habitatnya. Dilansir dari Diffen.com, penyu hidup sebagian besar menghabiskan waktu di air, sedangkan kura-kura hidup di darat.

Meski sebagian besar penyu berada di air, mereka juga akan pergi ke daratan saat waktu-waktu tertentu untuk bertelur. Usai bertelur, mereka akan kembali lagi ke laut dan meninggalkan calon anak-anaknya dengan menutupnya dengan pasir pantai.

Sementara itu, kura-kura menghabiskan waktu dan bertelur di daratan. Mereka juga menggali tanah untuk menyimpan telurnya, tetapi tidak akan langsung meninggalkan anaknya seperti penyu. Induk kura-kura akan melindungi anaknya sekutar 80 hari setelah menetas.

Bagaimana pun, kura-kura tetap membutuhkan air untuk minum dan berendam sebentar untuk mandi.

Bentuk Kaki

Ini adalah perbedaan yang sangat terlihat dari keduanya. Kura-kura memiliki kaki yang pendek bulat seperti kaki gajah dan memiliki kuku-kuku yang tajam. Itulah mengapa mereka adalah penggali tanah yang baik, seperti kura-kura gopher di Amerika Serikat bagian tenggara.

Sementara penyu memiliki kaki berselaput berbentuk seperti dayung atau sirip. Kaki ini digunakan penyu untuk berenang dan menghabiskan waktunya di dalam air. Sesekali mereka menggunakan kakinya untuk merangkak ke atas pantai, batu, dan menggali pasir pantai saat bertelur.

Baca Juga: Punya Peliharaan Reptil? Hati-Hati, Tertular Penyakit Ini

Perbedaan Cangkang

Dilansir dari National Geographic, kebanyakan penyu memiliki cangkang yang ramping, tapi ada beberapa pengecualian. Misalnya, penyu kotak yang memiliki cangkang berkubah. Cangkang yang ramping ini membantu penyu berenang dan menyelam karena lebih ringan.

Semenntara kura-kura memiliki cangkang berbentuk kubah. Ukurannya agar besar karena berfungsi untk memberikan perlindungan dari pemangsa. Selain itu, cangkang ini juga cukup berat dibandingkan cangkang milik penyu.

Jenis Makanan

Kebanyakan kura-kura darat adalah herbivora sejati yang mana mereka hanya memakan tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan. Sementara penyu dapat memakan apapun baik tumbuhan atau daging, sehingga mereka termasuk omnivora.

Di dalam laut, penyu dapat memakan biota laut yang berukuran kecil, seperti ikan, udang, kepiting, alga, dan ubur-ubur. Namun, sebagai hewan peliharaan, Anda dapat memberi mereka serangga seperti jangkrik, ulat, atau cacing tanah.

Selanjutnya: Punya Bulu Panjang yang Sama, Ini Letak Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News