HOME, Keluarga

Pilihan Terbaik Makanan Kura-Kura Peliharaan yang Kaya Akan Nutrisi

Pilihan Terbaik Makanan Kura-Kura Peliharaan yang Kaya Akan Nutrisi

MOMSMONEY.ID - Secara umum, kura-kura merupakan hewan omnivora. Tapi, Anda harus mengetahui jenis kura-kura yang dimiliki. Karena, ada beberapa spesies kura-kura yang merupakan herbivora. Apa yang bisa mereka makan, bergantung dengan jenis tersebut.

Kura-kura omnivora bisa memakan sayuran, buah-buahan, serangga, dan ikan. Sementara kura-kura herbivora hanya bisa makan buah-buahan.

Dilansir dari Petmd.com, semua hewan membutuhkan protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kalsium adalah bagian yang sangat penting dari makanan kura-kura karena bermanfaat untuk cangkangnya.

Makanan kura-kura juga harus tinggi protein, tetapi rendah karbohidrat dan fosfor. Rendah karbohidrat bertujuan untuk mencegah obesitas, sedangkan rendah fosfor untuk mencegah pembatalan kalsium yang mereka konsumsi yang menyebabkan cangkang dan tulang lemah.

Baca Juga: Hewan Peliharaan Dapat Membantu Anda untuk Self-Healing

Kunci memberi makan kura-kura adalah memberikan variasi, karena banyak kura-kura bosan dengan makanan yang sama. Selain itu, makanan yang sama belum tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Nah, ini 6 rekomendasi makanan kura-kura peliharaan Anda.

Pelet Kura-Kura atau Penyu

Ada banyak jenis pelet yang dijual di pasaran untuk kura-kura atau penyu. Anda dapat memilihnya sesuai dengan jenis kura-kura Anda. Carilah kadar protein antara 40-45% dan lemak 6-8%.

Untuk bahannya, carilah yang menggunakan tepung ikan sebagai salah satu dari tiga bahan utamanya. Anda tak perlu khawatir dengan kandungan gizinya, karena sudah pasti pelet diproduksi dengan pertimbangan kandungan gizi.

Sayuran

Mayoritas kura-kura memakan sayuran hijau dan non-hijau sebagai makanan favoritnya. Anda dapat memilih sayuran yang memiliki kandungan zat gizi yang seimbang untuk membantu pertumbuhan kura-kura Anda.

Sayuran yang bisa dimakan kura-kura adalah  sayuran hijau berdaun gelap seperti kangkung, sawi hijau, wortel, mentimun, lobak, dan zucchini. Namun, jangan berikan makanan sayuran seperti daun bawang, bayam, dan peterseli karena mengandung oksalat yang harus dihindari. Oksalat ini dapat mengikat mineral seperti kalsium.

Buah-Buahan

Buah-buahan dapat menjadi makanan selingan yang baik untuk kura-kura darat dan air, meski utamanya untuk kura-kura darat. Namun tidak semua buah bisa Anda berikan. Sebab, ada beberapa buah yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan untuk kura-kura.

Berikan buah-buahan yang lunak yang aman untuk pencernaanya dan rasanya manis. Misalnya, mangga, blueberi, papaya, semangka, dan pisang. Potong buah-buahan dalam ukuran kecil agar kura-kura lebih mudah memakannya.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Air Tawar Ini Bisa Dikonsumsi Sekaligus Dipelihara

Daging Hewan (Ikan, Daging, Cacing, Serangga)

Jika kura-kura Anda merupakan omnivora yang dapat memakan daging hewan, memberikan beberapa potongan ikan tawar, udang,  daging ayam, cacing, atau serangga akan memberikan manfaat.

Hindari daging yang terlalu banyak lemak yang dapat mengganggu keseimbangan nutrisi. Berikan makanan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu tanpa berlebihan.

Telur Rebus

Telur rebus sebenarnya adalah alternatif dari jenis makanan hewani kura-kura omnivora. Telur mengandung protein yang baik untuknya. Pastikan telur telah direbus dan sudah didinginkan.

Potong-potong telur rebus sesuai dengan ukuran kura-kura. Pemberian telur ini dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu.

Air

Seperti hewan lain pada umumnya, air juga dibutuhkan kura-kura darat dan air untuk minum. Sediakan selalu air matang bersih yang mudah dijangkau. Pastikan wadah minumnya selalu terisi dan diganti saat sudah lama didiamkan.

Selanjutnya: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Kura-Kura dan Penyu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News