HOME, Keluarga

Rumah Makin Keren, Simak 6 Ide Menggunakan Batu Kerikil di Taman

Rumah Makin Keren, Simak 6 Ide Menggunakan Batu Kerikil di Taman

MOMSMONEY.ID - Taman merupakan salah satu aspek yang dapat mempercantik eksterior atau tampilan luar suatu rumah. Supaya terlihat cantik dan asri, banyak komponen yang bisa ditambahkan ke dalam taman rumah Anda. Salah satunya batu kerikil yang hadir dalam beragam pilihan warna dan bentuk.

Nah, bagaimana caranya menggunakan batu kerikil supaya taman di rumah tampil semakin elegan dan cantik? Berikut ide-idenya untuk Anda.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hampers Pengharum Ruangan untuk Lebaran

Penutup tanah

Jika Anda punya taman dengan tanah yang kurang rata atau kurang terawat, coba tutupi tanah tersebut dengan batu kerikil. Melansir laman Artisan Exterior, cara ini dapat membuat taman terlihat cantik secara instan. Selain itu, keberadaan batu kerikil juga dapat menambahkan warna yang elegan pada taman.

Drainase

Mungkin Anda sudah sering mendengar fungsi batu kerikil yang satu ini. Ya, batu kerikil dapat dimanfaatkan sebagai drainase untuk tanaman supaya air dapat mengalir dengan lebih lancar. Anda bisa menggunakan batu kerikil di sekitar tanaman, di dasar pot, atau di sekitar kolam ikan.

Mulsa

Sinar matahari di rumah terlalu terik sehingga membuat tanaman cepat kering? Coba manfaatkan batu kerikil sebagai mulsa atau penutup permukaan tanah di sekitar tanaman. Selain mencegah tanah dan tanaman cepat kering, mulsa dari kerikil juga dapat membantu mencegah erosi, tanaman liar, serta dapat bertahan lama.

Baca Juga: Kenali Ragam Jenis Lantai Kayu Parket, Mana Pilihan Anda?

Aquascaping

Jika tertarik dengan aquascaping atau lansekap bawah air, batu kerikil bisa menjadi komponen yang menambahkan estetika pada aquascaping yang Anda buat. Kombinasikan batu kerikil dengan berbagai ukuran dan warna supaya aquascaping makin terlihat keren.

Baca Juga: 4 Tips Simpel Memaksimalkan Pencahayaan di Ruang Keluarga

Taman kering

Batu kerikil merupakan salah satu komponen yang umum dijumpai di taman kering dan taman batu khas Jepang. Biasanya, batu kerikil digunakan sebagai penutup tanah dan dikombinasikan dengan batu besar serta tanaman-tanaman yang simpel, misalnya bambu dan moss.

Jalan setapak

Dikutip dari laman MSI Surfaces, batu kerikil dapat dimanfaatkan sebagai “pengisi” celah di antara jalan setapak di taman. Supaya tampilan taman tetap cantik dan aman saat dilalui, Anda dapat menggunakan batu kerikil dengan permukaan yang halus dan bentuk yang cenderung membulat. Pilihlah batu kerikil dengan warna sesuai selera sehingga jalan setapak di taman makin cantik.

Itulah beberapa ide untuk menggunakan batu kerikil pada taman rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News