HOME, Keluarga

Kenali Ragam Jenis Lantai Kayu Parket, Mana Pilihan Anda?

Kenali Ragam Jenis Lantai Kayu Parket, Mana Pilihan Anda?

MOMSMONEY.ID - Selain keramik, kayu merupakan salah satu jenis bahan lantai yang banyak dipilih untuk suatu hunian. Alasannya sederhana, kayu dapat membuat suatu rumah terlihat lebih aesthetic dan homey. Selain itu, warnanya yang simpel dan netral juga mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya dekorasi.

Nah, ketika akan memilih lantai kayu, biasanya Anda akan dihadapkan dengan beragam jenis lantai kayu, termasuk lantai parket.

Apa itu lantai parket? Dilansir dari Archify, lantai parket adalah jenis lantai yang terbuat dari kepingan kayu yang dilengkapi profil di sisi-sisinya, sehingga saling terkunci saat diaplikasikan. Jadi, lantai parket sedikit berbeda dengan lantai kayu solid yang terbuat dari kayu utuh.

Baca Juga: Ingin Produktivitas Meningkat? Jauhi 4 Kesalahan Ini Saat Menata Home Office

Lantai parket juga terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. Apa saja jenis-jenisnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Lantai parket solid

Lantai parket solid adalah jenis lantai parket yang menggunakan kayu utuh dalam pengaplikasiannya, tanpa ada campuran bahan apapun. Biasanya, jenis kayu yang dapat diolah menjadi parket solid adalah kayu jati, merbau, bangkirai, ulin, hingga sonokeling.

Lantai parket solid terdiri dari dua jenis, yaitu parket solid FJ dan solid FJL. Berikut perbandingan antara keduanya:

  • Solid FJ: lantai parket solid yang menggunakan kayu utuh tanpa ada sambungan kayu lainnya yang dipasang secara sejajar dan horizontal.
  • Solid FJL: lantai parket solid yang menggunakan beberapa kayu yang disambung menjadi satu pada panel atau modulnya.

Lantai parket engineered

Selanjutnya, ada lantai parket engineered yang memiliki lapisan tipis veneer pada bagian atasnya. Lantai parket ini juga dilapisi dengan lapisan multipleks atau plywood di bagian bawah supaya semakin kuat. Umumnya, jenis kayu yang digunakan pada parket engineered adalah kayu jati, sonokeling, hingga white oak.

Mengutip Courtina, lantai parket engineered memiliki sifat yang lebih tahan terhadap suhu dan cuaca dibandingkan dengan kayu solid. Jadi, lantai ini cocok digunakan di ruangan yang terpapar suhu dan cahaya, misalnya taman indoor atau area dapur.

Baca Juga: Hindari Kesan Kuno, Ini Caranya Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral

Lantai parket reclaimed

Jika menginginkan interior rumah yang bersifat sustainable dan ramah lingkungan, coba gunakan lantai parket jenis reclaimed. Lantai parket reclaimed merupakan jenis lantai yang terbuat dari material kayu bekas yang diolah kembali. Jadi, lantai kayu ini tergolong jenis yang ramah lingkungan.

Selain ramah lingkungan, harga lantai parket reclaimed umumnya cenderung lebih terjangkau. Tampilannya juga unik karena memiliki pola dan warna yang berbeda-beda.

Baca Juga: 4 Tips Simpel Memaksimalkan Pencahayaan di Ruang Keluarga

Lantai parket laminate

Terakhir, ada jenis lantai parket laminate yang terbuat dari bahan sintetis yang dibentuk sehingga menyerupai kayu, biasanya dari compressed fiberboard.

Melansir Urban Company, lantai parket jenis laminate sangat mudah dipasang dan tahan terhadap jamur dan bakteri. Selain itu, bahannya yang sintetis membuat lantai parket laminate memiliki banyak variasi warna dan desain yang bisa dipilih.

Itulah beberapa jenis lantai parket yang banyak digunakan pada rumah atau hunian. Kira-kira, jenis lantai parket apa yang cocok dengan selera dan kebutuhan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News