HOME, Keluarga

Rumah Bebas Virus, Ini Tips Membersihkan Rumah Setelah Isoman Covid-19

Rumah Bebas Virus, Ini Tips Membersihkan Rumah Setelah Isoman Covid-19

MOMSMONEY.ID - Saat ini, Indonesia tengah mengalami kenaikan kasus Covid-19. Menurut data dari covid19.go.id, jumlah kasus terkonfirmasi positif pada Selasa (15/2) mencapai angka 57.049 kasus. Artinya, hingga saat ini jumlah total kasus sudah mencapai angka 4.901.328.

Salah satu penyebab kenaikan ini adalah keberadaan varian Omicron. Dilansir dari laman US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), varian Omicron lebih rawan menular daripada varian Covid-19 lainnya. Bahkan, Anda yang telah divaksin atau tidak menunjukkan gejala pun tetap bisa menularkan varian virus ini.

Baca Juga: Waspada Varian Omicron, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Keluarga Positif Covid-19

Di tengah kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia, isolasi mandiri atau isoman di rumah menjadi cara yang dilakukan pasien positif untuk mengurangi penyebaran virus. Kebersihan rumah pun harus dijaga dengan baik selama melakukan isoman.

Namun, menjaga kebersihan rumah tak hanya sebatas saat menjalani isoman saja. Saat selesai melakukan isoman, Anda juga perlu membersihkan rumah dengan cermat supaya virus dan partikel merugikan lainnya dapat dibasmi dengan sempurna.

Dikutip dari laman CDC, berikut panduan sederhana untuk membersihkan rumah pasca isoman karena Covid-19. Yuk, simak!

Sebelum membersihkan rumah

Pertama-tama, penting untuk menunggu selama beberapa jam sebelum mulai membersihkan rumah untuk mengurangi risiko penularan virus di rumah walaupun anggota keluarga atau diri sendiri sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Ketika sudah selesai isoman, anggota keluarga yang sebelumnya sempat positif Covid-19 tidak diharuskan untuk tinggal di ruangan terpisah, jadi dapat dilibatkan dalam proses membersihkan rumah.

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan kebersihan seperti cairan pembersih, disinfektan, dan alat perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan.

Baca Juga: Mengenal HEPA Filter yang Banyak Digunakan Air Purifier, Apa Fungsinya?

Kurang dari 24 jam setelah selesai isoman

Dalam jangka waktu kurang dari 24 jam setelah selesai isoman, bersihkan rumah dengan cara yang sama dengan saat menjalani isoman.

Artinya, bersihkan rumah dan beri disinfektan pada permukaan-permukaan yang sering dilewati atau ditempati. Utamakan membersihkan dan memberi disinfektan pada ruangan yang digunakan anggota keluarga yang sempat positif Covid-19, misalnya kamar tidur dan kamar mandi.

Gunakan masker dan alat pelindung tambahan seperti sarung tangan bila dibutuhkan, khususnya bila memasuki kamar tidur dan kamar mandi yang digunakan anggota keluarga yang sempat positif.

Buka pintu dan jendela untuk membantu sirkulasi udara di dalam rumah selama proses bersih-bersih.

Pastikan untuk selalu menggunakan disinfektan dengan cara yang benar dan aman supaya tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Awas, Ini Akibatnya Jika Jarang Membersihkan Mesin Cuci

24 jam hingga 3 hari setelah selesai isoman

Dalam jangka waktu 24 jam hingga 3 hari setelah selesai isoman, Anda tidak perlu menggunakan disinfektan untuk mensterilkan area rumah.

Cukup bersihkan rumah seperti biasa menggunakan alat kebersihan seperti sapu, lap, atau cairan pembersih yang biasa Anda gunakan di rumah.

Namun, Anda masih harus tetap memprioritaskan untuk membersihkan area yang sering ditempati atau dilewati anggota keluarga yang sempat positif.

3 hari setelah selesai isoman

3 hari setelah selesai isoman, Anda tidak perlu sering-sering membersihkan ruangan dan area yang ditempati atau dilewati anggota keluarga yang sempat positif.

Anda cukup membersihkan rumah dan area-area tersebut seperti biasa tanpa perlu menggunakan disinfektan.

Walaupun keadaan di rumah mungkin sudah tergolong aman untuk menjalankan kegiatan seperti biasa, jangan abaikan protokol kesehatan. Tetaplah menggunakan masker ketika berada di luar rumah dan mencuci tangan ketika baru pulang bepergian untuk menghindari risiko penularan virus di rumah.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan rumah pasca isoman karena Covid-19. Tetaplah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan supaya keselamatan diri sendiri dan keluarga terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News