ads

Waspada Varian Omicron, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Keluarga Positif Covid-19

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 15 Februari 2022 | 11:46 WIB
Waspada Varian Omicron, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Keluarga Positif Covid-19

ILUSTRASI. Bagaimana cara membersihkan rumah saat ada keluarga yang positif Covid-19? Simak tipsnya berikut ini.


MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, kasus Covid-19 tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Indonesia.

Dilansir dari Detik.com (14/2), Indonesia mengalami penambahan kasus Covid-19 sebanyak 36.501 kasus. Berarti, total kasus Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 sudah berjumlah 4.844.279.

Salah satu faktor penyebab peningkatan kasus Covid-19 adalah varian Omicron yang kini sudah menyebar ke berbagai provinsi di Indonesia.

Mengutip laman US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), varian Omicron disebut lebih mudah menular daripada varian virus Covid-19 lainnya. Varian ini bisa ditularkan oleh siapa saja, termasuk Anda yang sudah divaksin atau tidak bergejala.

Baca Juga: Awas, Ini Akibatnya Jika Jarang Membersihkan Mesin Cuci

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah, terutama jika ada anggota keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasalnya, tinggal serumah dengan penderita Covid-19 berarti ada risiko tinggi untuk tertular.

Maka dari itu, dengan membersihkan rumah secara menyeluruh, artinya penghuni rumah sudah berusaha untuk membatasi penyebaran virus di rumah. Namun, bagaimana caranya membersihkan rumah dengan tepat supaya dapat membatasi penyebaran virus?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, CDC memberikan panduan dasar yang bisa diikuti untuk membersihkan rumah saat ada keluarga yang positif Covid-19. Yuk, simak!

Sebelum membersihkan rumah

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membersihkan rumah adalah memberi kamar terpisah untuk anggota keluarga yang positif Covid-19. Bila memungkinkan, sediakan kamar mandi terpisah juga.

Namun, jika tidak memiliki kamar mandi terpisah, anggota keluarga yang positif Covid-19 wajib membersihkan dan memberi disinfektan pada permukaan kamar mandi setelah digunakan.

Siapkan cairan pembersih dan disinfektan, serta alat kebersihan lain seperti vacuum cleaner, sapu, atau pel. Sediakan juga alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan bila dibutuhkan.

Baca Juga: Rekomendasi Vacuum Cleaner Stick, Bersih-Bersih Rumah Makin Praktis!

Membersihkan rumah

Jika anggota keluarga yang positif Covid-19 masih dapat melakukan aktivitas seperti biasa, mintalah pada mereka untuk ikut serta dalam membersihkan rumah, terutama kamar tidur dan kamar mandi yang digunakan. Sediakan peralatan kebersihan khusus untuk digunakan anggota keluarga tersebut.

Jika anggota keluarga yang positif tidak mampu beraktivitas, maka orang lain di rumah wajib membantu membersihkan kamar anggota keluarga tersebut.

Pertama-tama, pakailah masker dan minta anggota keluarga yang positif Covid-19 untuk memakai masker juga. Jika memungkinkan, pakai alat perlindungan diri lain seperti sarung tangan.

Kemudian, saat membersihkan kamar mereka, usahakan untuk membatasi kontak dengan keluarga yang positif. Hanya bersihkan area di dekat mereka jika dibutuhkan.

Baca Juga: Ini Cara Menata Dapur ala Feng Shui, Rezeki Dijamin Mengalir Lancar!

Terakhir, berikan sirkulasi udara yang memadai dengan membuka jendela, kipas angin, atau AC. Namun, jangan buka pintu atau jendela kamar yang menghadap ke dalam rumah untuk membatasi penyebaran virus.

Lalu, saat mengurus barang-barang yang disentuh anggota keluarga seperti piring, gelas, dan pakaian, gunakan sarung tangan dan segera mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.

Terakhir, sediakan tempat sampah khusus yang sudah dilapisi tas kresek dan gunakan sarung tangan saat mengambil sampah tersebut. Sama seperti di atas, segera cuci tangan setelah mengambil sampah dan melepas sarung tangan.

Nah, itu tadi panduan dasar untuk membersihkan rumah dan membatasi penyebaran virus saat ada anggota keluarga yang positif Covid-19. Pada dasarnya, sediakan ruangan terpisah untuk mereka, bersihkan rumah secara berkala, dan gunakan alat perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan.

Semoga artikel ini bisa membantu, ya. Stay healthy!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER