Santai

Resiliensi atau Ketangguhan, Pentingkah Dalam Dunia Kerja? Ini Jawabannya

Resiliensi atau Ketangguhan, Pentingkah Dalam Dunia Kerja? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Resiliensi atau ketangguhan merupakan kunci penting dalam dunia kerja. Mengapa penting? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Istilah resiliensi atau ketangguhan dalam dunia kerja menjadi satu hal yang banyak menjadi perbincangan pada pekerja masa kini.

Sebab ketangguhan ternyata adalah salah satu kunci penting dalam sukses di dunia kerja.

Baca Juga: Sebelum Pesan, Kenali Perbedaan 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum Ini

Menurut Wikipedia, resiliensi atau ketangguhan adalah kemampuan secara mental dan emosional untuk bertahan dalam situasi apa pun.

Keterampilan ini akan menunjukkan bagaimana kemampuan seseorang dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah, dalam dunia kerja.

Orang-orang yang memiliki keterampilan ini biasanya merupakan orang-orang yang peka terhadap situasi dan mengenali kondisi emosionalnya sendiri.

Sehingga, mereka memiliki kemampuan untuk mengontrol keadaan dan situasi. Untuk bisa menguasai keterampilan ini, seseorang harus memiliki tujuh resilience skill.

Baca Juga: Berapa Kali BAB Normal Dalam Sehari? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Menurut dokter anak Ken Ginsberg, dikutip dari laman Very Well Mind, ada 7C yang harus dikuasai agar bisa memiliki kepribadian ulet ini.

Competence, confidence, connection, character, contribution, coping, dan control adalah tujuh resilience skill yang harus dimiliki seorang yang tangguh.

Dalam dunia kerja ketangguhan atau resiliensi memiliki banyak kaitannya dengan performa kerja seseorang.

Resiliensi bisa membuat seseorang memiliki keadaan emosi positif yang bisa meningkatkan optimisme, semangat, dan juga pengalaman baru.

Selain itu, resiliensi juga diasosiasikan dengan kondisi tempat kerja yang kondusif.

Baca Juga: 5 Restoran Berkonsep Unik Di Dunia Seperti Karen's Diner, Siap Buka di Indonesia Lo

Melansir dari laman Work Place Mental Health, sebuah perusahaan juga harus mampu menyediakan situasi kerja yang memiliki persaingan sehat.

Dan, ketangguhan dan minim stres menjadi kuncinya.

Hal tersebut bisa membantu pekerja bisa memiliki motivasi lebih dalam mengerjakan tugasnya. Yang tentunya akan berjalan dengan baik dalam situasi tempat kerja yang minim stres dan tekanan.

Mengutip Forbes, ketangguhan atau resiliensi juga menjadi hal penting dalam dunia kerja karena bisa mempengaruhi perkembangan karir pekerja. Pekerja masa kini mencari pekerjaan yang bisa menambah perkembangan mereka dalam hal karir dan pengalaman.

Sehingga, menciptakan lingkungan kerja yang mendukung situasi resiliensi bisa membantu pemimpin untuk bekerja sama dan berinovasi bersama dengan timnya dalam lingkungan kerja.

Nah, itulah mengapa resiliensi atau ketangguhan menjadi hal penting dalam dunia kerja. Coba untuk mulai mengasah kemampuan tersebut, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News