Santai

Sebelum Pesan, Kenali Perbedaan 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum Ini

Sebelum Pesan, Kenali Perbedaan 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum Ini

MOMSMONEY.ID - Sebelum memesan kopi, ada beberapa perbedaan jenis minuman kopi yang perlu diketahui.

Kopi menjadi minuman yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Walaupun memiliki rasa yang dominan pahit, peminat kopi tak pernah berkurang dari hari ke hari.

Minuman kopi sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu black dan white.

Black coffee adalah minuman kopi tanpa tambahan susu. Sedangkan white coffee adalah minuman kopi yang menggunakan susu sebagai tambahannya.

Baca Juga: 5 Restoran Berkonsep Unik Di Dunia Seperti Karen's Diner, Siap Buka di Indonesia Lo

Berikut Momsmoney merangkum beberapa perbedaan jenis minuman kopi yang perlu diketahui agar tidak salah saat memesan kopi di coffee shop:

Espresso

Espresso adalah minuman kopi yang disajikan dengan menggunakan cangkir kecil dan hanya bisa disajikan dalam bentu minuman panas. Espresso adalah ekstrak kopi yang tidak ditambah air atau pun susu.

Biasanya, minuman ini digunakan sebagai based kopi seperti cappuccino atau latte. Penikmat kopi pasti akan menyukai espresso karena rasanya intens. Meminum espresso juga dapat membantu mengeksplor rasa yang ada pada kopi.

Macchiatoo

Macchiatoo original hanya terdiri dari espresso dan sedikit foam susu saja. Sehingga, rasa yang diciptakan minuman satu ini lebih instense dibandingkan jenis white based lainnya, seperti cappuccino dan latte.

Biasanya, foam dari susu yang digunakan hanyalah satu hingga 2 sendok saja pada bagian atas kopi yang disajikan dalam gelas kecil.

Americano

Americano secara umum adalah campuran dari espresso dan air saja. Tidak ada pemanis yang ditambahkan pada minuman ini.

Sejarah americano bermula dari tentara-tentara Amerika Perang Dunia II yang meminta agar espresso-nya dibuat lebih encer.

Seiring dengan berkembangnya permintaan pelanggan, kadang americano bisa memiliki jumlah shot yang berbeda di tiap coffee shop. Dari dua hingga lebih, shot espresso dapat ditambahkan pada minuman americano sesuai selera.

Baca Juga: Ada Moon Lovers, Tonton 6 Drakor Perjalanan Waktu Beragam Genre Ini Yuk

Cappuccino 

Cappuccino disebut sebagai minuman kopi yang memiliki rasa paling seimbang. Di antara minuman white based coffee. Takaran antara kopi, susu, dan foam yang ada pada minuman ini memiliki rasio yang paling seimbang.

Jika ingin menikmati minuman kopi yang seimbang atau balance maka cobalah untuk memesan cappuccino. Cara minumnya pun juga harus dilakukan dengan benar.

Seduh cappuccino tanpa menambahkan gula dan jangan diaduk melainkan sesap cappuccino yang masih hangat untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih nikmat.

Latte 

Latte cocok bagi pemula yang ingin mencoba kopi. Latte memiliki rasa kopi yang ringan karena kandungan susu pada minuman ini lebih banyak dibanding cappuccino atau lainnya.

Tingkat keasaman dan intensitas kopi yang ada pada minuman ini tentu akan berkurang dengan banyaknya rasio susu dan foam di atasnya.

Baca Juga: Resep Tempe Mendoan Spesial yang Super Renyah, Bisa Jadi Gorengan Favorit

Flat white 

Flat white adalah minuman kopi yang populer di Australia dan New Zealand. Minuman ini memiliki rasa yang hampir sama dengan cappuccino. Yang membuatnya berbeda hanyalah ketebalan foam pada minuman ini.

Rasa flat white ini lebih ringan dan lebih milky dibandingkan cappuccino karena rasio susu yang digunakan lebih banyak daripada minuman foam tebal seperti cappuccino.

Piccolo

Minuman kopi yang satu ini juga disajikan dalam gelas kecil seperti macchiato. Bedanya, minuman ini memiliki rasa yang lebih lembut namun tetap memiliki rasa kopi yang dominan dibanding susunya.

Biasanya minuman ini disajikan dengan based ristretto, bukan espresso. Sehingga berhasil memunculkan rasa kopi yang dominan namun tidak kuat, asam, manis, dan sekaligus legit dari susu yang digunakan.

Sudah tahu kan, beberapa perbedaan jenis minuman kopi yang ada di coffee shop? Nah, jangan lupa coba satu per satu, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News