HOME, Santai

Redakan Stres Anda dengan Mengonsumsi Vitamin Ini

Redakan Stres Anda dengan Mengonsumsi Vitamin Ini

MOMSMONEY.ID - Anxiety atau gangguan kecemasan bisa muncul dikarenakan stres berlebih. Gangguan ini bisa muncul pada siapa pun tanpa mengenal gender pria maupun wanita.

Bentuknya pun juga bermacam-macam. Anxiety bisa muncul dengan rasa cemas, panik, atau pun ketakutan akan suatu hal. 

Selain berolahraga dan berlatih meditasi, ternyata anxiety juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi beberapa vitamin ini. Tentu saja vitamin yang mengandung banyak kandungan mineral dan antioksidan yang membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa kandungan vitamin yang bisa membantu meredakan stres dan juga anxiety.

Vitamin B

Vitamin B complex memiliki manfaat untuk membantu meredakan anxiety dan memperbaiki mood. Melansir dari halaman Your Heights, vitamin B12 berperan penting sebagai vitamin utama yang mengatur mood.

Vitamin B12 ini biasa ditemukan pada sumber makanan hewani. Dimana pastinya vegan atau vegetarian disarankan untuk mengkonsumsi supplement yang banyak mengandung vitamin B12.

Vitamin D

Melansir dari halaman Medical News Today, vitamin D juga berperan dalam mengatur mood. Beberapa riset yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa adanya hubungan antara vitamin D dan depresi. 

Baca Juga: Panic Attack VS Anxiety Attack, Apa Sih Bedanya?

Dengan rutin mengkonsumsi vitamin D melalui supplement dan sumber makanan alami membuat tingkat depresi bisa ditekan. Karena jika vitamin D pada tubuh mengalami kekurangan, gejala depresi dan kecemasan akan mudah muncul.

Vitamin C

Vitamin C bukan hanya berguna saja untuk meningkatkan imun, namun vitamin C juga berperan dalam membantu menurunkan kadar stress pada otak.

Vitamin C memiliki banyak kandungan antioxidant yang berguna untuk menyeimbangkan system yang menimbulkan perasaan cemas atau gugup.

Vitamin C juga mampu untuk meningkatkan mood dan mengurangi anxiety. Selain itu, rutin mengkonsumsi vitamin C juga bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar kortisol dalam tubuh.

Zinc

Zinc ternyata juga memiliki peran untuk mengatur mood. Zinc membantu untuk mengurangi gejala depresi dan mood yang rendah. Selain itu, zinc juga memiliki kontribusi untuk membantu kerja fungsi otak dalam memproduksi serotonin.u

Fungsi serotonin sendiri sebagai hormon yang menstabilkan mood, perasaan bahagia, dan perasaan tenang.

Selanjutnya: Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News