HOME, Santai

Rawat Tanpa Kandang Akan Hindarkan Stres Pada Kucing, Bagaimana Caranya?

Rawat Tanpa Kandang Akan Hindarkan Stres Pada Kucing, Bagaimana Caranya?

MOMSMONEY.ID - Kucing merupakan hewan yang sangat mudah untuk dipelihara. Namun, Anda tetap wajib memperhatikan kesehatannya. Terutama mengenai stres yang dialami kucing. Untuk menghindari stres kucing, Anda dapat membebaskannya dari kandang dan membiarkannya hidup bebas di dalam rumah.

Nah, bagaimana sih cara merawat kucing tanpa kandang?

Sediakan Tempat yang Nyaman

Meski memelihara kucing tanpa kadang akan membuat kucing merasa bebas, tetapi tetap sediakanlah tempat khusus yang nyaman seperti alas empuk untuk tempat tidur kucing. Dengan begitu, kucing akan memiliki tempat favorit untuknya beristirahat. Anda mungkin juga bisa menyediakan kotak atau keranjang kosong untuk tempatnya rebahan. Mudah bukan?

Baca Juga: Apakah Jaringan 5G Membuat Kuota dan Baterai Cepat Habis?

Siapkan Tempat Kotoran

Tempat kotoran kucing harus ada sebagai tempat kucing biasa buang air besar dan kecil. Anda cukup menyiapkan kotak kotoran yang bersih dan terisi pasir secukupnya di salah satu sisi ruangan. Selain itu, Anda harus terus rutin membersihkan kotak kotoran karena kucing menyukai tempat buang air yang bersih. Apalagi jika Anda punya lebih dari 1 kucing, maka sediakan lebih banyak kotak kotoran di rumah, supaya kucing tidak berebut kotak.

Berikan Makanan dan Minuman Secara Teratur

Memberi makan kucing harus dilakukan secara rutin dalam satu hari. Ini untuk mencegah kucing mencari makanan di sampah dapur, mengalami kekurangan gizi, dan sakit. Anda bisa memberinya 2 sampai 3 kali makanan kecil dalam waktu satu hari. Jika ingin memberikan makanan kaleng, maka segera buang makanan yang tak dihabiskan kucing, lalu mencuci tempat makannya. Selain itu, ketersediaan air minum kucing harus terus terisi dengan air matang dan bersih.

Baca Juga: Ini Tujuan Sebenarnya Kucing Memakan Rumput-Rumputan

Lakukan vaksinasi dan vitamin

Dilansir dari Mypets, vaksinasi kucing sangat penting diberikan untuk mencegah berbagai penyakit hewan seperti IVF, rabies, dan leukimia. Untuk mengetahui jenis vaksin apa yang dibutuhkannya, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter hewan. Selain itu, pemberian vitamin juga perlu diberikan secara berkala.

Pastikan Kondisi Rumah Selalu dalam Keadaan Bersih

Membiarkan kucing hidup bebas di dalam rumah, artinya Anda harus siap dengan segala risiko yang akan terjadi dengan kondiri rumah. Sebab, bila rumah berantakan dan berlantai kotor, akan sangat mempengaruhi kesehatan si kucing. Terutama mengenai kesehatan paru-paru dan pencernaannya.

Perhatikan Selalu Kondisi Kesehatan Kucing

Memperhatikan kondisi kesehatan kucing juga harus sering-sering dilakukan. Karena sangat tak mungkin seekor kucing akan melaporkan dirinya sendiri saat merasa sakit. Nah, apabila Anda menemukan gejala penyakit atau hal-hal yang tak biasa pada kucing, maka segera bawa ke dokter hewan.

Selanjutnya: Manfaat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami Ikan Hias

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News