HOME, Santai

Apakah Jaringan 5G Membuat Kuota dan Baterai Cepat Habis?

Apakah Jaringan 5G Membuat Kuota dan Baterai Cepat Habis?

MOMSMONEY.ID - Jaringan 5G yang kencang jelas akan menguntungkan dalam beberapa aktivitas di smartphone, seperti kelancaran bermain game dan kecepatan mengunduh data. Namun, apakah hal itu berefek pada baterai dan jumlah penggunaan data?

Kuota Cepat Habis

Kecepatan jaringan 5G tidak ada hubungan secara langsung dengan penghematan kuota internet. Hemat atau boros kuota internet dipengaruhi oleh seberapa banyak data yang diunggah atau di-download serta durasi aktivitas. Namun, kecepatan jaringan 5G membuat pengunduhan data menjadi lebih kompleks.

Misalnya, apabila menggunakan jaringan selain 5G di sebuah smartphone di daerah tertentu hanya mampu menonton sebuah video dengan kualitas 360p, maka menggunakan jaringan 5G dimungkinkan sampai ke kualitas terbaik. Karena video mampu mencapai kualitas terbaik, maka kuota data yang digunakan juga lebih banyak.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan HP Baterai Besar yang Masih Ada di Pasaran

Smartphone atau aplikasi memiliki fitur yang mampu memilih data prioritas. Misalnya, ketika dalam keadaan sinyal kurang baik, proses browsing informasi di sebuah web hanya akan ditampilkan dalam bentuk teksnya saja. Hal ini akan membuat data yang digunakan tidak terlalu banyak.

Sementara itu, ketika menggunakan jaringan 5G yang lebih cepat, maka smartphone atau aplikasi mampu menampilkan gambar. Dengan begitu, kuota data gambar yang semula tidak ada menjadi ada. Hal inilah yang bisa disebut sebagai penyebab borosnya kuota internet.

Baca Juga: Inilah Pilihan HP 5G dengan Harga 3 Jutaan

Baterai Cepat Habis

Penggunaan daya sebuah smartphone tidak terlalu dipengaruhi jenis jaringan yang tersambung, kecuali pada kasus jaringan 1G. Sama juga dengan kuota data internet, semakin banyak aktivitas yang digunakan dalam smartphone maka daya yang dibutuhkan juga semakin besar.

Selain aktivitas yang dapat terhitung pemakaian dayanya, seperti menonton video, bermain, dan melakukan panggilan, ada beberapa aktivitas yang tidak terhitung pemakaian dayanya.

Misalnya, apabila sebuah smartphone terlalu sering kehilangan dan menyambung sinyal, maka daya yang ada akan cepat berkurang. Hal itu dapat terjadi karena transmitter smartphone terus bekerja dan menggunakan daya. Melansir telkomsel.com, smartphone yang berada di area minim jaringan yang akan mengalami hal ini.

Itulah tadi fakta mengenai borosnya baterai dan kuota data internet yang digunakan pada jaringan 5g. Pada dasarnya, hal itu bergantung pada aktivitas yang dilakukan smartphone. Yang pasti, penggunaan jaringan yang cepat dan stabil mampu memberikan tayangan konten optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News