HOME, Keluarga

Rawan Menguning, Begini Cara Merawat Tanaman Monstera

Rawan Menguning, Begini Cara Merawat Tanaman Monstera

MOMSMONEY.ID - Monstera adalah salah satu tanaman hias yang sedang populer saat ini. Selain keindahan daun berlubangnya yang unik, monstera termasuk paling mudah dirawat karena merupakan tumbuhan tropis. Sayangnya, Anda tak jarang menemukan daun monstera menguning secara mendadak dalam beberapa hari.

Salah satu penyebab daun tanaman menguning adalah kelembapan tanah yang tak terjaga karena sistem penyiraman yang tak tepat. Selain itu, penyebab hama dan penyakit tanaman juga bisa menjadi kemungkinan.

Lalu, bagaimana cara merawat monstera dengan tepat?

Baca Juga: Ini Tanaman-Tanaman yang Cocok untuk Vertikultur

Sinar Matahari yang Dibutuhkan

Sebagai tanaman tropis, monstera membutuhkan sinar matahari yang cerah seperti lingkungan aslinya. Akan tetapi, Anda tidak boleh memberikannya secara langsung di bawah sinar matahari.

Dilansir dari plantcareforbeginners.com, di alam yang sebenarnya, monstera tumbuh di bawah pohon-pohon besar, sehingga tanaman ini menyukai sinar matahari tetapi secara tidak langsung.

Namun, jika Anda meletakkan tanaman monstera di tempat yang gelap, daun monstera akan menguning. Bagaimana pun, monstera membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Penyakit Busuk Akar pada Tanaman

Aturan Menyirami

Monstera membutuhkan tanah yang lembap atau memiliki kandungan air yang cukup. Tanah yang kering akan membuat monstera terkulai, tetapi jika terlalu basah, akan membuat daunnya menguning.

Maka, ada baiknya Anda mengecek dahulu kondisi tanah untuk memutuskan apakah monstera perlu disirami atau tidak. Gunakan jari Anda pada bagian atas tanah dengan jarak 5 cm (2 inci) untuk mengecek. Jika terasa kering, maka Anda dapat menyiraminya.

Baca Juga: Media Tanam Selain Tanah dari Organik dan Anorganik

Media Tanam yang Tepat

Pemilihan media tanam yang tepat sangat menentukan kesuburan monstera. Karena monstera menyukai tanah yang lembap, maka Anda harus memperhatikan media tanam yang digunakan.

Anda dapat mengombinasikan tanah, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 untuk media tanam monstera.

Selain itu, Anda harus menghindari pengendapan air di dasar pot yang dapat menyebabkan tanah terlalu basah. Gunakan pot dengan dasar berlubang untuk membuang kelebihan air.

Penggantian pot saat tanaman tumbuh besar juga harus dilakukan karena akan mempengaruhi perkembangan akar dan struktur tanah.

Pemupukan

Dalam masa pertumbuhan, monstera tidak membutuhkan banyak pupuk. Namun, di musim panas yang merupakan masa pertumbuhannya, Anda dapat memberi pupuk monstera sekitar sebulan sekali. Sementara itu, di musim hujan, hindari untuk memberikan pupuk kepada monstera.

Selanjutnya: 6 Cara Menanam Dengan Sistem Hidroponik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News