Ini Tanaman-Tanaman yang Cocok untuk Vertikultur

Sumber: BPTP Kalsel
Minggu, 01 Agustus 2021 | 07:00 WIB
Ini Tanaman-Tanaman yang Cocok untuk Vertikultur

MOMSMONEY.ID - Vertikultur merupakan teknik bercocok tanam di lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat. Dalam pembuatannya, model, bahan ukuran, wadah vertikultur ada berbagai variasi. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kondisi dan keinginan.

Syarat vertikultur adalah jenis tanaman yang ditanam. Dilansir dari kalsel.litbang.pertanian.go.id, tanaman yang akan ditanam disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki nilai ekonomis tinggi, berumur pendek, dan berakar pendek. Secara umum, tanaman yang memiliki syarat tersebut adalah sayur-sayuran. Berikut adalah tanaman yang cocok untuk vertikultur.

Baca Juga: Langkah-Langkah Pembuatan Vertikultur di Rumah

Sawi

Ada berbagai jenis sawi yang dapat ditanam untuk vertikultur, seperti sawi putih, sawi hijau, atau sawi mangkok. Dalam vertikultus, sawi dapat ditanam sebanyak 1 bibit untuk setiap 1 wadah tanam. Media tanam yang dapat digunakan adalah humus atau tanah liat yang diberi tambahan pupuk organik. Biasanya sawi akan tumbuh pada umur 4-7 hari setelah penanaman bibit.

Kemangi

Kemangi sering dijadikan sebagai lalapan atau sebagai bahan tambahan untuk bumbu masakan. Kemangi memiliki pertumbuhan hingga sepanjang 100 cm. Selain itu, saat sudah tumbuh dewasa, kemangi akan semakin rimbun dengan cabang yang banyak.

Baca Juga: Teknik Vertikultur, Solusi Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Media tanam untuk kemangi yang terpenting adalah tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara. Anda juga perlu menambahkan pupuk untuk nutrisinya. Tanaman kemangi dapat dipanen setelah 30 hari.

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru