Keluarga

Ras Kucing dengan Mata Biru, Bikin Betah Dipandangi!

Ras Kucing dengan Mata Biru, Bikin Betah Dipandangi!

MOMSMONEY.ID - Dibandingkan dengan kucing dengan warna mata lainnya, kucing bermata biru memang terlihat jauh lebih elegan dan cantik.

Apalagi, mata biru pada kucing kerap terlihat mencolok karena kontras dengan warna bulu tubuhnya.

Dikutip dari Purina, warna biru pada mata kucing disebabkan oleh kurangnya pigmen yang memberi warna mata. Jadi, warna biru tersebut bukan dihasilkan oleh pigmen tertentu, melainkan tanda kekurangan pigmen warna.

Hal tersebut pun menjadi alasan mengapa semua anak kucing atau kittens memiliki warna mata biru, yaitu karena mata anak kucing belum memiliki pigmen warna. Semakin besar, warna mata si kucing pun akan ikut berubah.

Namun, jika Anda ingin memelihara kucing dengan mata yang terus berwarna biru, coba pertimbangkan beberapa ras kucing ini. Dirangkum dari The Spruce Pets dan Daily Paws, berikut ras kucing yang terkenal memiliki mata berwarna biru.

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

Balinese

Kucing Balinese

Walaupun bernama Balinese, kucing ini tidak berasal dari Bali, melainkan termasuk jenis kucing Siam dengan bulu yang panjang. Oleh karena itu, tak heran kucing Balinese memiliki warna bulu cerah yang menggelap di bagian wajah dan kakinya, seperti kucing Siam. Termasuk jenis kucing yang aktif, kucing Balinese memiliki mata berwarna biru cerah yang kontras dengan warna gelap pada wajahnya.

Himalayan

Kucing Himalaya putih

Merupakan hasil campuran antara kucing Persia dan kucing Siam, kucing Himalaya juga memiliki warna bulu yang menggelap di bagian wajah dengan mata biru cerah. Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan padat, serta penyayang dan suka bermain sehingga cocok menemani kebosanan di rumah.

Ragdoll

Kucing Ragdoll

Memiliki tubuh yang besar dengan bulu yang panjang, kucing Ragdoll bisa terlihat seperti boneka karena tampilannya yang menggemaskan. Apalagi, kucing Ragdoll biasanya memiliki mata besar berwarna biru yang makin melengkapi tampilannya. Kucing Ragdoll termasuk jenis kucing yang lembut dan tenang, tapi masih bisa diajak bergerak dan bermain.

Baca Juga: Tak Kalah Menggemaskan, Ini Dia Ras Kucing dengan Bulu Pendek

Siamese

Kucing Siam

Kucing Siamese atau Siam memiliki tubuh yang ramping dengan bulu pendek, telinga besar, dan mata biru cerah. Kucing ini tergolong pintar, mudah penasaran, dan suka mencari perhatian, sehingga jangan heran bila mereka kerap mengeong saat menginginkan sesuatu dari pemiliknya.

Persia

Kucing Persia

Identik dengan wajahnya yang terlihat rata dan bulu yang panjang serta lebat, kucing Persia termasuk jenis kucing yang paling mudah dikenali. Kucing Persia berbulu putih biasanya memiliki mata berwarna biru. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang tenang dan penyayang, tapi perlu perawatan rutin supaya bulunya tidak rontok di mana-mana.

Anggora

Kucing Anggora

Kucing Anggora atau Turkish Anggora termasuk jenis kucing yang cukup populer di Indonesia. Terkenal dengan tubuhnya yang memiliki bulu panjang dan lebat, kucing Anggora dengan bulu berwarna putih biasanya memiliki mata biru. Kucing Anggora dikenal cukup ramah dan penyayang terhadap pemiliknya.

Itulah beberapa contoh ras kucing dengan mata berwarna biru. Dari ras kucing yang disebutkan di atas, mana yang menarik perhatian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News