Santai

Rambut Bercabang: Kenali Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Rambut Bercabang: Kenali Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Sering jadi masalah umum kerusakan rambut, ini dia penyebab dan cara untuk mengatasi rambut bercabang.

Rambut bercabang terjadi karena ada penurunan kualitas pada rambut. Biasanya, rambut bagian ujung yang jauh dari pangkal kepala menjadi bagian tertua dan rentan terhadap ekspos bahan kimia dari luar.

Tak banyak yang tahu, rambut bercabang terbagi menjadi 3 tipe. Laman Marie Claire menyebutkan, ada tiga tipe rambut bercabang yang sering dialami: basic, candle, dan tree.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 5 Manfaat Seks Untuk Kecantikan Wanita

Basic adalah kondisi rambut bercabang yang hanya terbentuk menjadi dua cabang. Lalu, candle ialah kondisi ketika ujung rambut memiliki bentuk lebih tipis dibandingkan bagian atasnya. Sedangkan tree, saat rambut memiliki banyak cabang seperti pohon.

Kemunculan rambut bercabang disebabkan rambut kehilangan kutikel yang mengakibatkan inner cortex atau bagian inti rambut terekspos.

Selain itu, ekspos cuaca ekstrem, diet buruk, kondisi kesehatan, kekurangan nutrisi, penggunaan catok, blow, dan pengeriting rambut juga menjadi salah satu penyebab umum munculnya rambut bercabang ini.

Menurut laman Health Line, rambut bercabang tidak bisa diperbaiki kecuali dengan cara memotongnya.

Hair mask yang kerap dipilih untuk mengatasi rambut bercabang, ternyata hanya mampu menutrisi dan melembabkan rambut saja. Tidak bisa sepenuhnya menghilangkan rambut bercabang yang sudah tumbuh.

Baca Juga: Bagus untuk Rambut, Ini 4 Cara Membuat Kondisioner dengan Bahan Alami

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya rambut bercabang kembali.

Cara pertama adalah dengan rutin memotong bagian ujung rambut, yang bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya rambut bercabang.

Lalu, jangan lupa untuk menutrisi rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang melembabkan rambut. Berikan juga nutrisi dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih.

Sebisa mungkin kurangi atau minimalisir penggunaan bahan pemanas rambut, seperti catok, hair dryer, dan pengeriting rambut.

Baca Juga: 4 Manfaat Keratin untuk Rambut, Bikin Halus dan Lembut!

Panas yang dihasilkan dari alat-alat ini memiliki efek buruk bagi rambut dan membuat rambut perlahan-lahan kehilangan nutrisinya.

Jika ingin menggunakannya, maka pastikan untuk menggunakan heat protector atau produk pelindung rambut dari panas.

Dengan begitu, kelembapan dan nutrisi yang ada pada rambut tetap terlindungi dengan baik sebelum menggunakan alat-alat penata rambut tersebut.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai rambut bercabang, penyebab, serta cara untuk mengatasinya. Mulai praktikkan yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News