Keluarga

Bagus untuk Rambut, Ini 4 Cara Membuat Kondisioner dengan Bahan Alami

Bagus untuk Rambut, Ini 4 Cara Membuat Kondisioner dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 cara membuat kondisioner dengan bahan alami yang bagus untuk rambut.

Kebanyakan orang kerap melewatkan penggunaan kondisioner. Padahal, produk perawatan rambut yang satu ini sangat penting untuk membantu meningkatkan penampilan rambut dan menjadikan rambut lebih mudah diatur.

Selain menggunakan kondisioner siap pakai yang ada di pasaran, Anda juga bisa membuat kondisioner sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tentunya aman dan terjangkau.

Menarik untuk dicoba, berikut 4 cara membuat kondisioner dengan bahan alami sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: 6 Manfaat Santan untuk Rambut dan Cara Menggunakannya dengan Tepat

1. Kondisioner madu dan minyak zaitun

Madu

Madu dan minyak zaitun sama-sama memiliki sifat yang melembabkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai kondisioner alami. Kombinasi kedua bahan ini dapat menciptakan produk terbaik untuk melembutkan dan menutrisi rambut sekaligus mencegah ketombe.

Campurkan 2 sendok makan madu dengan 4 sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur, oleskan pada rambut lalu tutupi rambut Anda dengan topi mandi selama 30 menit. Bilas dengan sampo bebas sulfat dan pakai kondisioner biasa jika Anda mau.

Untuk hasil terbaik, gunakan kondisioner alami dari madu dan minyak zaitun sebanyak 2 kali dalam sebulan.

2. Kondisioner pisang

Pisang

Pisang kaya akan silica yang membantu mengurangi kerontokan rambut dan berkontribusi untuk membuat rambut lebih berkilau. Termasuk zat pengkondisi yang sangat baik, silica mampu membuat rambut menjadi lembut dan bervolume. Dengan mencampurkan sedikit minyak zaitun ke dalam pisang, Anda akan mendapatkan deep conditioner alami terbaik.

Ambil 1 buah pisang matang kemudian haluskan. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu ke dalam pisang lalu aduk sampai merata.

Oleskan campuran tersebut secara menyeluruh pada akar hingga ujung rambut dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan sampo bebas sulfat dan air dingin. Gunakan kondisioner ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Baca Juga: 5 Manfaat Baobab Oil untuk Kulit dan Rambut yang Harus Anda Tahu

3. Kondisioner shea butter

Shea Butter

Shea butter kaya akan vitamin E dan memiliki banyak antioksidan. Bahan super melembabkan ini juga mengandung asam lemak serta minyak yang bisa melawan infeksi dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Tak hanya efektif untuk mencegah infeksi rambut seperti ketombe, shea butter juga dapat menenangkan dan melindungi rambut dari segala jenis kerusakan.

Campurkan 1 sendok makan shea butter dan 2 sendok makan minyak kelapa lalu panaskan. Selagi dipanaskan, tambahkan 1 sendok makan argan oil dan beberapa tetes essential oil ke dalamnya kemudian aduk rata. Setelah tercampur, angkat dan diamkan sampai tidak terlalu panas.

Oleskan dari kulit kepala ke ujung rambut dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas menggunakan sampo bebas sulfat dan air dingin. Ulangi perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

4. Kondisioner telur dan minyak zaitun

Kuning Telur

Telur dikenal sebagai bahan yang luar biasa untuk dijadikan sebagai deep conditioner. Pasalnya, telur mampu memberikan protein penting untuk meningkatkan kesehatan dan kilau rambut. Saat telur dikombinasikan dengan minyak zaitun, akan tercipta kondisioner yang bagus untuk menutrisi sekaligus menghilangkan ketombe.

Campurkan 2 butir kuning telur dan 2 sendok makan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Agar lebih mudah diaplikasikan, tambahkan sedikit air.

Belah rambut Anda menjadi beberapa bagian dan aplikasikan kondisioner. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan selama 1-2 jam. Karena kondisioner ini memiliki bau khas telur, pastikan untuk membilas rambut Anda sampai benar-benar bersih dengan sampo bebas sulfat dan air dingin.

Anda bisa menggunakan kondisioner telur dan minyak zaitun seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Demikian 4 cara membuat kondisioner dengan bahan alami yang bagus untuk rambut. Cobain yuk, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News