Santai

Ramah Lingkungan, Ini 6 Ide Kado Natal Eco Friendly

Ramah Lingkungan, Ini 6 Ide Kado Natal Eco Friendly

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa ide kado Natal eco friendly yang bisa diberikan pada teman atau kerabat.

Di masa kini yang serba instan, tentunya memberi kado juga perlu diperhatikan. Termasuk, memberikan kado Natal yang eco friendly.

Tentunya, agar kado yang diberikan bisa bertahan lama dan ramah lingkungan.

Nah, bagi yang membutuhkan ide kado Natal, berikut Momsmoney merangkum beberapa ide kado Natal yang eco friendly:

Baca Juga: Baru Jadian? Yuk, Intip 6 Ide Kado Natal Romantis bagi Pasangan Baru

Voucer belanja

Memberikan kado Natal berupa voucer belanja bisa menjadi ide kado Natal yang eco friendly. Tak perlu membuang banyak kertas untuk membungkus kado, voucer belanja bisa diberikan langsung dan tentunya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penerimanya.

Pastikan juga untuk memberikan voucer dari toko favorit atau toko yang menjual barang-barang eco friendly juga, ya.

E-book

Semakin majunya jaman, tentu membaca buku bisa dilakukan dengan lebih mudah dan ramah lingkungan. Bagi teman atau kerabat yang punya hobi membaca, coba berikan kado buku elektronik atau e-book.

Terutama jika mereka memiliki perangkat buku elektronik seperti Kindle. Pilihlah beberapa buku yang sesuai dengan bacaan mereka, dan berikan buku elektronik tersebut sebagai kadonya. Dijamin mereka akan suka dan sekaligus bisa menjaga lingkungan.

Produk eco friendly

Toko-toko yang menjual barang eco friendly juga semakin menjamur di masa kini. Membeli beberapa barang dari toko tersebut tentu bisa membantu untuk selalu ramah lingkungan. Terlebih, barang-barang yang dijual di toko eco friendly juga cenderung memiliki usia panjang alias awet.

Pilihan seperti tas belanja, botol minum, produk daur ulang, produk perawatan tubuh ramah lingkungan, maupun perlengkapan eco friendly lainnya juga bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: Budget Terbatas? Simak 7 Inspirasi Ide Kado Natal Murah Berikut Ini

Voucer langganan

Siapa yang tak akan suka jika diberi kado Natal seperti voucer langganan pelatihan skill, Spotify atau Netflix dan jenis platform streaming lainnya. Cobalah untuk memberikan kado Natal anti mainstream dengan memberi voucer langganan.

Selain ramah lingkungan dan tidak membutuhkan biaya terlalu mahal, siapa pun juga tentu akan suka dengan ide yang satu ini. Pastikan untuk memperolehnya di tempat yang legal dan terpercaya, ya.

Produk investasi

Produk investasi seperti emas, saham, maupun NFT bisa juga dijadikan ide kado Natal yang eco friendly, loh. Banyak orang-orang mulai tertarik berinvestasi dengan beragam produk investasi yang semakin mudah untuk diakses.

Pilihlah produk investasi yang sesuai dengan budget kado dan bisa digunakan dengan jangka panjang bagi penerimanya.

Tiket liburan

Memberi kado tiket liburan atau tiket mengunjungi tempat wisata juga bisa dijadikan ide kado Natal yang eco friendly. Selain itu, kado ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk healing dan menghabiskan waktu bersama.

Tentunya, bisa juga digunakan untuk menambah kedekatan dengan teman atau kerabat saat liburan Natal.

Nah, itulah tadi beberapa ide kado Natal eco friendly yang tentunya ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News