HOME, Keluarga

Punya Kompor Induksi? Ini Tipsnya Supaya Selalu Awet dan Terawat

Punya Kompor Induksi? Ini Tipsnya Supaya Selalu Awet dan Terawat

MOMSMONEY.ID - Kompor induksi merupakan salah satu jenis kompor yang mulai banyak dilirik sebagai pengganti kompor gas konvensional.

Dilansir dari Houzz, kompor induksi memiliki beragam keunggulan, seperti jauh lebih aman saat digunakan karena tidak menghantarkan panas pada permukaannya. Selain itu, kompor ini juga memiliki pengaturan suhu yang presisi sehingga memudahkan Anda saat memasak.

Kompor induksi sebenarnya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kompor gas konvensional. Oleh karena itu, penggunaannya tidak boleh sembarangan supaya kompor induksi bisa berfungsi dengan maksimal dan bertahan lama.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Elektronik Dapur yang Praktis untuk Siapkan Sahur, Apa Saja?

Nah, kira-kira apa saja yang harus dilakukan supaya kompor induksi di rumah tetap awet? Berikut tipsnya untuk Anda.

Gunakan alat masak yang tepat

Dilansir dari laman Electrolux, Anda harus menggunakan alat masak yang tepat di atas permukaan kompor induksi. Karena menggunakan gelombang elektromagnetik, alat masak yang digunakan di atas kompor induksi harus bersifat magnetis.

Umumnya, alat masak yang bersifat magnetis terbuat dari bahan stainless steel atau cast iron. Untuk memeriksa apakah alat masak Anda cocok dengan kompor induksi, cukup tempelkan magnet di bagian bawahnya. Jika menempel, maka alat masak tersebut bisa digunakan.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan alat masak dengan bagian bawah yang rata dan halus untuk menghindari goresan di atas permukaan kompor.

Jangan jatuhkan barang berat di atas kompor

Permukaan kompor induksi biasanya terbuat dari kaca atau keramik yang halus dan tebal. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan menjatuhkan barang-barang berat di atas kompor.

Dikutip dari Appliances Online, permukaan kaca pada kompor induksi masih bisa mengalami keretakan jika tidak diperlakukan dengan benar. Oleh karena itu, jangan menjatuhkan barang berat di atas permukaan kompor induksi.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Jangan gunakan permukaan kompor sebagai talenan

Karena permukaannya yang rata dan cepat dingin, Anda bisa menggunakan kompor induksi sebagai tambahan area dapur jika tidak sedang digunakan memasak.

Namun, jangan sekali-kali memanfaatkan permukaan kompor sebagai talenan untuk memotong-motong bahan makanan. Hal ini bisa membuat permukaan kompor tergores, sehingga mengurangi tampilannya.

Baca Juga: Kurangi Kenyamanan, Ini 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Berkonsep Open Space

Jauhkan barang bermagnet dari permukaan kompor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kompor induksi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Jadi, sebaiknya Anda menjauhkan barang bermagnet dari permukaan kompor, seperti alat masak, kartu kredit, bahkan ponsel.

Pasalnya, panas yang berada di kompor akan dihantarkan pada barang bermagnet tersebut sehingga dapat melukai Anda jika tidak sengaja tersentuh. Selain itu, magnet di dalam kompor juga dapat merusak komponen pada kartu atau ponsel Anda.

Segera bersihkan noda atau tumpahan di atas permukaan kompor

Kompor induksi memiliki permukaan halus yang membuatnya mudah dibersihkan jika terkena noda atau tumpahan cairan. Selain itu, karena cepat dingin, tumpahan makanan tidak mudah mengeras di atas pemukaan kompor.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda bisa membiarkan tumpahan makanan tertinggal begitu saja di atas kompor. Tetap bersihkan noda atau tumpahan dengan segera, dan jangan gunakan peralatan kebersihan yang abrasif supaya permukaan kompor tidak tergores.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan kompor induksi. Jika digunakan dengan baik, tentu kompor induksi Anda akan awet dan tahan lama.

Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News