CLOSE [X]
ads

Punya Dapur Berukuran Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 22 Mei 2022 | 10:30 WIB
Punya Dapur Berukuran Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada!


MOMSMONEY.ID - Rumah yang besar dan lega merupakan impian sebagian besar orang. Namun, tidak semua orang memiliki kemewahan tersebut sehingga harus bertahan tinggal di rumah yang luasnya terbatas.

Rumah ini biasanya juga memiliki area-area dengan luas yang terbatas dan kecil pula, termasuk dapur.

Namun, memiliki dapur berukuran kecil tidak selamanya buruk, kok. Asalkan didesain dan ditata dengan baik, dapur kecil Anda akan tetap terasa fungsional dan nyaman digunakan.

Nah, untuk mewujudkan dapur kecil yang fungsional, ada beberapa hal yang sebaiknya ada di dapur kecil di rumah Anda. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Bahan-Bahan Dapur untuk Pengharum Ruangan Alami, Coba yuk!

Rak terbuka

Dikutip dari Houzz, rak terbuka dalam bentuk ambalan (floating shelves) dapat menjadi opsi yang baik untuk dapur kecil dibandingkan rak tertutup. Sebab, rak terbuka dapat membantu memberi efek dapur yang lebih luas dan lega, apalagi jika warna raknya disamakan dengan warna dinding.

Namun, Anda perlu memperhatikan kebersihan rak terbuka di dapur, sebab rak jenis ini sangat mudah kotor dan terpapar debu.

Kabinet minimalis

Supaya tidak terlihat penuh dan berantakan, ada baiknya Anda menggunakan konsep minimalis pada dapur kecil di rumah.

Konsep ini bisa diwujudkan melalui penggunaan kabinet. Misalnya, bisa menggunakan kabinet dapur dengan model yang simpel dan berwarna netral. Saat ini, sudah banyak kabinet dapur dengan model handleless alias tanpa pegangan, sehingga membuat dapur terlihat minimalis dan elegan.

Baca Juga: Plus dan Minus Plafon Rumah Berbahan PVC, Cari Tahu Yuk!

Tempat penyimpanan di sudut

Jika memiliki dapur berukuran kecil, sebaiknya manfaatkan setiap areanya supaya dapat berfungsi dengan optimal. Dilansir dari bhg.com, Anda bisa memanfaatkan sudut dapur sebagai tempat penyimpanan.

Anda bisa memasang kabinet hingga rak ambalan yang bisa digunakan untuk meletakkan berbagai barang. Jika memungkinkan, pasang kabinet atau rak hingga menyentuh langit-langit, sehingga memberi kesan dapur yang tinggi.

Pencahayaan yang optimal

Mungkin Anda sering mendengar bahwa ruangan kecil butuh pencahayaan yang optimal supaya ruangan tersebut terasa lebih lapang dan cerah. Hal yang sama juga berlaku di dapur kecil supaya makin nyaman beraktivitas di dalamnya.

Ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pencahayaan di dapur, seperti menggunakan warna-warna cerah, furnitur dan pernak-pernik yang minimalis, hingga mengombinasikan beragam sumber pencahayaan. Jangan ragu untuk bereksperimen hingga menemukan trik yang cocok untuk dapur Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER