HOME, Keluarga

Bahan-Bahan Dapur untuk Pengharum Ruangan Alami, Coba yuk!

Bahan-Bahan Dapur untuk Pengharum Ruangan Alami, Coba yuk!

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari, bau atau aroma ternyata cukup menentukan kenyamanan kita saat menempati suatu hunian. Jika rumah yang sudah rapi dan bersih, namun memiliki bau tidak sedap, tentu Anda merasa kurang nyaman.

Oleh karena itu, bau tidak sedap tersebut perlu disingkirkan dengan segera. Salah satu cara termudah untuk menyingkirkan bau tidak sedap adalah dengan menggunakan pengharum ruangan yang banyak dijual di pasaran.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beragam bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami? Jadi, tak perlu repot-repot membeli pengharum ruangan dan berakhir menghasilkan sampah, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur berikut dengan mudah.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Bahan dapur apa saja yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baking soda

Dikutip dari laman Pique Life, sebenarnya baking soda atau soda kue tidak memiliki bau atau wangi tertentu sehingga tidak dapat disebut sebagai pengharum ruangan. Namun, bahan dapur ini memiliki sifat yang bisa menyerap bau tidak sedap, sehingga bisa digunakan untuk menyingkirkan bau di dalam rumah.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan menuangkan baking soda ke dalam mangkuk kecil dan menempatkan mangkuk tersebut di area tertentu, misalnya di dapur atau di dalam kulkas. Biarkan mangkuk tersebut semalaman supaya bau tidak sedapnya terserap dengan sempurna.

Cuka

Sama seperti baking soda, cuka juga dapat membantu menetralisir dan mengurangi bau tidak sedap di suatu ruangan.

Anda bisa menuangkan cuka di mangkuk kecil dan membiarkannya semalaman untuk menyingkirkan bau tidak sedap, atau menyemprotkannya langsung ke udara. Jangan khawatir dengan bau cuka yang tajam dan menyengat, karena baunya akan hilang dalam waktu singkat. Jika baunya dirasa terlalu kuat, bisa mencampur cuka dengan air matang.

Baca Juga: Kesalahan Mengatur dan Menata Rumah Berkonsep Open Space, Cari Tahu Yuk!

Bubuk kopi

Anda suka minum kopi tubruk? Jika ya, jangan langsung membuang bubuk kopinya setelah selesai diseduh. Sebab, bubuk kopi ternyata ampuh dalam menetralisir bau tidak sedap dan dapat berperan sebagai pengharum ruangan.

Caranya, saring ampas bubuk kopi (pastikan tanpa campuran gula), biarkan kering, lalu letakkan di mangkuk kecil dan tempatkan di area-area yang menurut Anda baunya kurang sedap, misalnya di dapur. Bisa juga menggunakan bubuk kopi yang belum diseduh.

Baca Juga: Pahami Plus dan Minus Produk Pembersih Buatan Sendiri

Jeruk dan lemon

Melansir laman The Yummy Life, buah sitrus seperti jeruk dan lemon ampuh memberikan wangi yang segar sehingga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan alami.

Untuk membuat pengharum ruangan dari jeruk dan lemon, salah satu cara termudah adalah dengan membuat simmer pot atau rebusan buah. Caranya, iris jeruk atau lemon (bisa campuran keduanya), tambahkan cengkeh dan kayu manis, kemudian rebus di dalam panci kecil dengan api kecil selama beberapa jam supaya wanginya menyebar ke seluruh rumah.

Herba dan rempah-rempah

Terakhir, Anda bisa menggunakan herbs atau tanaman herba dan rempah-rempah yang wangi sebagai pengharum ruangan alami.

Dikutip dari Taste of Home, beberapa tanaman herba dan rempah yang cocok digunakan sebagai pengharum ruangan adalah mint, rosemary, thyme, cengkeh, hingga kayu manis. Anda pun bisa menggunakan herba dan rempah tersebut sebagai campuran rebusan pada poin sebelumnya.

Itulah beberapa bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News