HOME, Keluarga

Plus dan Minus Plafon Rumah Berbahan PVC, Cari Tahu Yuk!

Plus dan Minus Plafon Rumah Berbahan PVC, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - PVC atau polyvinyl chloride adalah salah satu material yang banyak digunakan untuk suatu bangunan, misalnya pada pintu dan plafon rumah.

Termasuk dalam kategori bahan plastik, PVC kerap digunakan sebagai bahan plafon rumah karena sifatnya yang kuat dan tahan air bila dibandingkan dengan bahan plafon lainnya.

Di sisi lain, PVC juga memiliki sejumlah kekurangan yang tak boleh diabaikan begitu saja jika Anda ingin menggunakan bahan ini sebagai plafon.

Nah, supaya Anda tidak salah pilih, yuk pahami dulu beragam kelebihan dan kekurangan dari plafon rumah berbahan PVC!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Room and Linen Spray, Bikin Rumah Makin Wangi

Kelebihan Plafon PVC

Kuat dan tahan lama

Walaupun terbuat dari plastik, PVC termasuk bahan yang cukup kuat dan tahan lama. Selain awet selama bertahun-tahun tanpa berubah bentuk, plafon PVC juga tahan terhadap perubahan suhu, cuaca, air, jamur, rayap, hingga korosi.

Harganya terjangkau

Melansir laman Homify, bahan PVC tergolong murah dan terjangkau karena diproduksi secara masal. Selain itu, PVC memiliki banyak variasi warna sehingga Anda bisa mendapatkan plafon PVC yang sesuai dengan interior rumah sambil tetap menekan budget.

Mudah dipasang

Plafon PVC terdiri dari panel-panel yang perlu dipasang dan disambungkan. Pemasangannya cukup mudah, karena panel PVC bisa dipotong dengan rapi dan tidak berantakan. Tidak hanya itu, bobot panel PVC yang ringan juga membuatnya jauh lebih mudah dibawa-bawa dan dipasang.

Mudah dirawat

Salah satu kelebihan plafon PVC yang paling kentara adalah perawatannya yang tidak terlalu merepotkan. Anda tak perlu menggunakan cat atau pelapis khusus untuk menjaga penampilannya, melainkan cukup membersihkannya dengan kain bersih dan cairan pembersih biasa.

Baca Juga: Mengapa Udara di Rumah Bisa Terasa Panas? Berikut Penyebabnya

Kekurangan Plafon PVC

Terlihat murahan

Seperti yang sudah disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, PVC termasuk dalam material plastik. Artinya, plafon PVC akan memberi kesan plastik pada interior rumah Anda, sehingga kurang cantik secara visual dan estetika.

Tidak tahan panas

Dikutip dari Houzz, plafon PVC yang terbuat dari plastik akan mudah rusak jika terpapar panas dalam waktu lama. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan plafon berbahan PVC, pastikan Anda memasang lampu plafon berjenis LED yang tidak memancarkan panas yang intens.

Baca Juga: Berisiko, Ini 4 Kesalahan Saat Menggunakan Pemutih Pakaian

Rentan menghasilkan gas beracun

Pada proses pembuatannya, PVC menggunakan chlorine atau klorin, yaitu jenis gas yang sebenarnya cukup berbahaya jika terhirup. Walaupun plafon PVC pada dasarnya aman digunakan, sisa-sisa gas klorin masih bisa terlepas ke udara dan terhirup, terutama jika terbakar. Jadi, hindari penggunaan plafon PVC di area seperti dapur.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan plafon PVC yang perlu Anda pahami. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News