Keluarga

Punya 3 Warna Bulu Sekaligus, Simak Fakta Menarik Seputar Kucing Calico!

Punya 3 Warna Bulu Sekaligus, Simak Fakta Menarik Seputar Kucing Calico!

MOMSMONEY.ID - Kucing terkenal memiliki beberapa motif atau corak tubuh yang unik. Selain berwarna polos, ada kucing dengan corak tabby, colorpoint, bicolor, hingga calico.

Dari corak-corak kucing yang biasa dijumpai, calico barangkali termasuk corak yang cukup populer dan umum ditemui di mana-mana. Kucing dengan corak calico terkenal memiliki tiga warna sekaligus pada bulunya: oranye, putih, dan hitam.

Nah, jika Anda tertarik mengenal kucing calico lebih jauh, yuk simak artikel ini. Dikutip dari The Spruce Pets dan ExcitedCats.com, berikut fakta menarik seputar kucing calico.

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

Bukan termasuk ras kucing

Sama seperti kucing tabby, kucing calico sebenarnya bukan termasuk ras kucing tertentu, melainkan istilah untuk menyebut corak pada tubuhnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kucing calico memiliki tiga warna bulu sekaligus, yaitu oranye, putih, dan hitam.

Jadi, kucing calico bisa ditemukan pada berbagai ras kucing yang berbeda-beda, mulai dari American Shorthair, Persia, Maine Coon, dan lain-lain.

Kebanyakan betina

Jika dibandingkan, sekitar 99,9% persen kucing calico berjenis kelamin betina. Jadi, Anda akan sangat jarang menemui kucing calico berjenis kelamin jantan. Mengapa begitu?

Kucing dengan corak calico ditentukan oleh kromosom pada DNA-nya, yaitu kromosom X. Kromosom ini membawa sifat warna hitam dan oranye pada bulu kucing. Karena kucing betina memiliki kromosom XX, kemungkinan besar kedua kromosom X tersebut memiliki gen warna hitam dan oranye sehingga menghasilkan corak calico.

Sementara itu, karena kucing jantan memiliki kromosom XY, mereka tidak bisa memiliki corak calico kecuali memiliki anomali genetik bernama sindrom XXY. Sindrom tersebut akan menghasilkan corak calico pada kucing jantan, tapi membuat mereka mandul dan tidak bisa beranak.

Baca Juga: Mudah Ditemui di Banyak Tempat, Ini Fakta Seputar Kucing Tabby!

Menjadi simbol keberuntungan

Beberapa kebudayaan tertentu menjadikan kucing calico sebagai simbol keberuntungan. Di Jepang, kucing calico dijadikan simbol keberuntungan lewat patung lucky cat atau maneki neko yang banyak dipajang di restoran, toko, atau tempat umum lainnya.

Sementara itu, di Jerman, kucing calico disebut sebagai Glückskatze, yang berarti “kucing keberuntungan”. Di Amerika Serikat, kucing calico terkadang disebut sebagai money cats karena mereka membawa keberuntungan pada pemiliknya.

Tidak bisa sengaja dibiakkan

Terkadang, ada beberapa jenis kucing tertentu yang sengaja dibiakkan supaya menghasilkan sifat atau warna tertentu. Hal tersebut tidak berlaku untuk kucing calico, karena warnanya tidak bisa dihasilkan secara sengaja.

Justru, warna atau corak calico pada kucing pada dasarnya dihasilkan secara alami dan terjadi secara acak atau random. Jadi, jika Anda mengawinkan dua kucing calico, tidak semua anak mereka akan memiliki corak calico.

Tidak memiliki sifat khusus

Karena kucing calico bukan merupakan ras kucing tertentu, maka sifat dan kebiasaannya bisa sangat beragam.

Misalnya, ada kucing calico yang aktif dan suka bermain, tapi ada juga kucing calico yang lebih kalem dan penyayang. Jadi, Anda bisa mencari kucing calico dengan sifat yang lebih sesuai dengan kondisi keluarga di rumah.

Itulah beberapa fakta seputar kucing calico. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News