Mudah Ditemui di Banyak Tempat, Ini Fakta Seputar Kucing Tabby!

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Mudah Ditemui di Banyak Tempat, Ini Fakta Seputar Kucing Tabby!


MOMSMONEY.ID - Kucing tabby termasuk salah satu jenis kucing yang sangat mudah ditemui di mana-mana, mulai dari jalanan hingga rumah-rumah. Kucing ini memiliki tampilan yang terlihat klasik dan familiar dengan banyak orang.

Di sisi lain, mungkin ada orang yang menganggap kucing tabby terlihat biasa saja. Padahal, jika ditelusur lebih jauh, kucing tabby memiliki beberapa fakta yang membuatnya unik.

Ingin tahu apa saja fakta menarik seputar kucing tabby? Dikutip dari weareallaboutcats.com, Catastic, dan I Heart Cats, ini dia penjelasannya.

Bukan termasuk ras kucing

Kucing tabby kerap dikira sebagai ras kucing tertentu. Padahal, istilah tabby bukan merupakan nama ras, melainkan nama corak pada tubuh si kucing yang terlihat unik.

Jadi, ada banyak ras kucing dengan corak bulu tabby, mulai dari Maine Coon hingga American Shorthair. Ada 4 jenis corak tabby yang umum ditemui, misalnya corak mackerel, blotched, striped, dan ticked. Sementara itu, warna kucing tabby yang populer adalah hitam, abu-abu, dan oranye.

Baca Juga: Mengenal Ras Kucing Berekor Pendek, Apa Saja?

Namanya berasal dari jenis kain sutra

Kucing tabby awalnya dinamakan berdasarkan sejenis kain sutra dengan corak bergaris yang dibuat di distrik Attabiy di Baghdad, Irak.

Dalam bahasa Prancis Pertengahan alias Middle French, nama Attabiy disebut sebagai “atabis”, yang selanjutnya berubah menjadi “tabis”. Ketika diterjemahkan ke bahasa Inggris, penulisannya berubah menjadi “tabby”. Nama itulah yang digunakan untuk menyebut kucing ini hingga sekarang.

Memiliki corak berbentuk huruf M di dahinya

Jika diperhatikan, semua kucing tabby memiliki corak berbentuk huruf M di dahinya. Bukannya kebetulan, corak ini sudah ada pada gen atau DNA si kucing.

Mirip seperti macan tutul dan harimau yang memiliki corak khas pada tubuhnya, corak berbentuk huruf M pada kucing tabby merupakan bagian dari DNA-nya dan termasuk hal yang “wajib ada” pada tubuhnya.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Masuk ke Kotak? Inilah Alasannya

Pintar dan penyayang

Kucing tabby umumnya dikenal sebagai jenis kucing yang pintar dan penyayang, sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan.

Selain itu, kebanyakan kucing tabby memiliki sifat ekstrovert dan sangat suka bersosialisasi, sehingga mudah bersahabat dengan manusia maupun hewan lainnya.

Coraknya cocok untuk bertahan di alam liar

Salah satu kemungkinan mengapa corak tabby sangat umum dijumpai adalah karena corak ini sangat cocok untuk bertahan hidup di alam liar.

Pasalnya, corak pada kucing tabby membantu mereka untuk berkamuflase saat bersembunyi menunggu mangsa di balik rumput atau semak-semak. Jika diperhatikan, hewan liar seperti harimau dan macan tutul (yang termasuk jenis kucing besar) sama-sama memiliki corak tabby, lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER