Mengapa Kucing Suka Masuk ke Kotak? Inilah Alasannya

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 15 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Mengapa Kucing Suka Masuk ke Kotak? Inilah Alasannya


MOMSMONEY.ID - Kucing terkenal dengan berbagai tingkah lakunya yang unik sekaligus membingungkan bagi manusia. Salah satunya adalah kecenderungan mereka untuk masuk ke dalam kotak dengan berbagai ukuran.

“Hobi” si kucing yang senang masuk ke dalam kotak terkadang membuat sebal pemiliknya. Sudah dibelikan mainan yang mahal, tapi si kucing justru lebih suka bermain di dalam kardus bekas dan mengabaikan mainan barunya.

Karena sering dilakukan, mau tak mau Anda pasti penasaran mengapa si kucing sangat suka masuk dan berdiam diri di dalam kotak. Dirangkum dari Hill’s Pet, Purina, dan Reader’s Digest, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mencari Ras Kucing yang Cocok untuk Lansia? Ini Rekomendasinya!

Kucing suka area yang sempit

Alasan utama mengapa kucing suka masuk ke dalam kotak adalah karena mereka menyukai tempat yang sempit dan tertutup.

Karena kedua hal tersebut, berada di dalam kotak akan membuat si kucing merasa aman dan nyaman. Selain itu, berada di dalam kotak juga akan membantu melindungi kucing dari ancaman di sekitarnya, termasuk ancaman predator.

Menjaga si kucing tetap hangat

Selain membuat si kucing merasa nyaman, berada di dalam kotak bisa membantu si kucing menjaga suhu tubuhnya supaya selalu hangat.

Pasalnya, kotak yang sempit akan berperan sebagai insulator yang menahan panas sehingga si kucing bisa bergelung dan bersantai dengan nyaman tanpa perlu takut kedinginan.

Menurunkan kecemasan

Sama seperti manusia, kucing juga mudah merasa takut, stres, dan cemas. Untuk membantu mereka mengatasi perasaan tersebut, salah satu caranya adalah dengan bergelung di dalam kotak.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kucing akan merasa nyaman dan aman saat berada di tempat sempit dan tertutup seperti kotak. Perasaan aman dan nyaman tersebut akan membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stres pada si kucing.

Baca Juga: Unik dan Mahal, Ini Fakta Seputar Kucing Sphynx

Sekadar penasaran

Pada dasarnya, kucing adalah makhluk yang mudah penasaran dan suka menjelajah lingkungan sekitarnya, terutama jika ada benda yang baru dan asing.

Jadi, jika Anda punya kardus atau kotak bekas paket yang tergeletak di rumah, bisa jadi si kucing mendekatinya dan masuk ke dalam kotak hanya karena merasa penasaran dan ingin tahu apa fungsi benda tersebut.

Untuk bersenang-senang

Kadang-kadang, kucing suka masuk ke dalam kotak (khususnya kardus) karena teksturnya yang cocok dicakar dan digigit, sehingga menghadirkan hiburan dan kesenangan tersendiri.

Oleh karena itu, tak heran Anda akan sering menemui kucing yang menggigiti dan mencakar kardusnya hingga hancur. Dibandingkan mencakar dan menggigiti benda lain di rumah, kardus jelas menjadi pilihan karena mereka tidak perlu khawatir dimarahi pemiliknya.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka masuk ke dalam kotak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER