Keluarga

Unik dan Mahal, Ini Fakta Seputar Kucing Sphynx

Unik dan Mahal, Ini Fakta Seputar Kucing Sphynx

MOMSMONEY.ID - Banyak kucing yang terkenal karena ciri fisiknya yang sangat khas, seperti kucing Sphynx yang memiliki tubuh berkerut tanpa bulu.

Sekilas, kucing Sphynx mungkin terkesan kurang menarik. Padahal, jenis kucing yang satu ini cukup unik dan bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah, lo. Bahkan, kucing Sphynx termasuk jenis kucing yang setia pada pemiliknya.

Selain itu, masih ada lagi beragam fakta seputar kucing Sphynx yang menarik untuk diketahui. Merangkum penjelasan dari Hill’s Pet, Daily Paws, dan Science ABC, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Mencari Ras Kucing yang Cocok untuk Lansia? Ini Rekomendasinya!

Harganya mahal

Bagi para pecinta kucing, kucing Sphynx dikenal sebagai salah satu ras kucing dengan harga yang tergolong mahal.

Contohnya, anak kucing Sphynx dengan fisik dan keturunan yang bagus biasanya dihargai sekitar $1500 hingga $6000 (sekitar Rp22,5 juta hingga Rp90 juta). Jadi, jika Anda ingin memelihara kucing Sphynx, siap-siap untuk merogoh kocek yang dalam.

Memiliki beberapa jenis warna dan motif kulit

Sama seperti jenis kucing lainnya, kucing Sphynx memiliki beberapa variasi warna dan motif pada kulitnya.

Jadi, Anda bisa menemukan kucing Sphynx dengan berbagai warna kulit, misalnya pink kecoklatan, putih, hitam, hingga abu-abu. Ada juga kucing Sphynx dengan satu, dua, hingga tiga warna sekaligus di tubuhnya.

Suka bersosialisasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kucing Sphynx termasuk jenis kucing yang penyayang dan setia pada pemiliknya, sehingga sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah.

Selain itu, kucing Sphynx juga suka bersosialisasi dan suka bermain, baik dengan manusia maupun hewan lainnya, terutama kucing dan anjing.

Baca Juga: 3 Mitos Tentang Kucing Hitam, Benarkah Menjadi Pertanda Kesialan?

Perlu dimandikan secara rutin

Bulu pada kucing biasanya akan menyerap minyak alami dari kulitnya. Karena kucing Sphynx tidak memiliki bulu pada tubuhnya, kulit mereka akan mudah terlihat berminyak, kotor, bahkan berbau tidak sedap.

Oleh karena itu, kucing Sphynx perlu dimandikan lebih sering dibandingkan jenis kucing lainnya. Untungnya, kucing Sphynx cenderung lebih toleran terhadap air, sehingga kucing ini tergolong mudah dimandikan.

Sensitif terhadap sinar matahari dan suhu dingin

Karena kucing Sphynx tidak punya bulu yang melindungi dan menghangatkan tubuhnya, mereka cukup sensitif terhadap sinar matahari dan suhu dingin. Bahkan, sama seperti manusia, kulit mereka juga bisa terbakar sinar matahari jika terpapar terlalu lama.

Untuk mencegahnya, Anda perlu menjaga supaya si kucing lebih banyak berada di dalam rumah, dan berjemur di tempat yang teduh. Sementara itu, siapkan selimut atau penutup yang bisa membantu memberikan kehangatan pada tubuh kucing saat udara dingin.

Itulah beberapa fakta seputar kucing Sphynx. Bagaimana, tertarik memelihara kucing satu ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News