Mencari Ras Kucing yang Cocok untuk Lansia? Ini Rekomendasinya!

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:25 WIB
Mencari Ras Kucing yang Cocok untuk Lansia? Ini Rekomendasinya!


MOMSMONEY.ID - Tak hanya anak-anak dan orang dewasa, orang lanjut usia atau lansia juga banyak yang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan.

Namun, memilih kucing peliharaan untuk lansia perlu beberapa pertimbangan tertentu karena lansia tidak seaktif orang-orang yang jauh lebih muda.

Secara umum, jenis kucing peliharaan yang cocok untuk lansia adalah kucing yang memiliki sifat tenang dan tidak banyak bergerak, serta bersahabat dan tidak memerlukan banyak perawatan khusus. Jadi, para lansia bisa bersantai sepanjang hari bersama si kucing kesayangan.

Nah, kira-kira jenis atau ras kucing apa saja yang cocok dipelihara oleh lansia? Dilansir dari Petkeen.com, Newsweek, dan Daily Paws, berikut rekomendasinya.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

Russian Blue

Kucing Russian Blue

Memiliki bulu berwarna abu-abu kebiruan yang pendek, kucing Russian Blue memiliki sifat yang tenang sekaligus penyayang, sehingga bisa dekat dengan manusia maupun hewan lainnya. Bahkan, mereka juga termasuk hewan yang setia dengan pemiliknya.

Selain itu, kucing Russian Blue juga tidak memerlukan banyak perawatan maupun kebutuhan khusus, sehingga relatif mudah dipelihara oleh lansia.

Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold terkenal dengan bentuk kepalanya yang membulat dengan telinga yang terlipat. Termasuk jenis kucing yang bersahabat dan tenang, kucing Scottish Fold umumnya tidak banyak meminta perhatian pemiliknya sehingga tidak akan merepotkan para lansia.

Pada umumnya, kucing Scottish Fold perlu disisir setiap hari untuk menjaga tampilan bulunya. Di samping itu, kucing ini cukup mudah dirawat dan bisa diajak bermain sesekali.

American Shorthair

Kucing American Shorthair

Memiliki bulu yang pendek dan tebal, kucing American Shorthair umumnya memiliki sifat yang cukup aktif, tapi tidak memerlukan banyak perawatan khusus selain harus disisir setiap hari.

Walaupun cukup aktif, kucing American Shorthair biasanya bisa ditinggal sendirian selama beberapa jam tanpa menyebabkan banyak kekacauan di rumah, sehingga tidak bakal membuat repot.

Baca Juga: Bisa Jadi Teman Main, Ini Ras Kucing yang Cocok untuk Anak-Anak

Persia

Kucing Persia

Kucing Persia banyak disukai karena wajahnya yang menggemaskan dan bulunya yang panjang dan tebal. Walaupun bulunya tergolong panjang, kucing Persia hanya butuh disisir sebentar setiap hari.

Di samping penampilannya yang lucu, kucing Persia termasuk jenis kucing yang tenang dan tidak banyak bergerak. Selain itu, mereka juga mudah bersahabat dengan manusia dan hewan lain, sehingga cocok untuk menemani lansia di rumah.

Himalaya

Kucing Himalaya

Terakhir, ada kucing Himalaya yang merupakan kucing campuran antara Persia dan Siam, sehingga memiliki tampilan yang unik. Kucing Himalaya tergolong kucing yang tenang dan penyayang terhadap manusia, sehingga umumnya cocok bagi lansia.

Selain itu, kucing Himalaya juga menyukai lingkungan rumah yang tenang, sehingga cocok bagi Anda yang tinggal di rumah yang tidak terlalu ramai.

Itulah beberapa contoh ras kucing yang cocok untuk lansia. Dari kelima kucing di atas, adakah yang membuat Anda tertarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER