AturUang

Properti Anda Bisa Jadi Duit di BCA dan Bank CIMB Niaga, Tertarik?

Properti Anda Bisa Jadi Duit di BCA dan Bank CIMB Niaga, Tertarik?

MOMSMONEY.ID – Lagi butuh dana tapi enggak mau bongkar dana di tabungan? Saat ini, perbankan punya layanan fasilitas multiguna, yakni nasabah bisa menjaminkan rumah untuk mendapatkan pembiayaan.

Apa sih itu? Buat Anda yang memiliki aset berupa rumah atau properti maka dapat dijadikan jaminan kepada bank untuk mendapatkan dana tunai, lo. Nah, dana tunai ini dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mulai dari renovasi rumah atau sekolah.

Siapa saja bank yang menawarkan fasilitas multiguna tersebut? Di antaranya, ada PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Baca Juga: Mau Pinjam KTA? Berikut Tawaran Bunga KTA Dari 5 Bank Besar

1. KPR Refinancing BCA

Lewat KPR Refinancing, nasabah bisa mendapatkan dana tunai dari BCA dengan mengagunkan properti. Disini, BCA menyediakan solusi pembiayaan tersebut dengan mudah dan cepat untuk segala macam keperluan Anda.

Keuntungan dari fasilitas ini adalah, nasabah bisa bebas penalti kecuali untuk nasabah yang punya tingkat suku bunga kredit dalam masa fix 3 tahun, 5 tahun dan fix and cap. Lalu, top up pinjaman dengan jaminan yang sama dengan pinjaman pertama, selama ketentuan LTV mencukupi.

Nah, untuk syarat dokumen jaminan. Anda harus membawa fotokopi sertifikat HM/HGB/Strata Title, fotokopi IMB, fotokopi PBB terakhir dan fotokopi akta jual Beli (AJB).

Adapun suku bunga yang ditawarkan oleh BCA sangat bervariatif. Mulai dari suku bunga fix 3 tahun, dari 4,85% hingga 6,50% tergantung dari tenor pinjaman. Sedangkan, suku bunga reguler untuk refinancing ini 8,00% untuk 1 tahun.

Setelah periode bunga fix terakhir, maka suku bunga yang akan berlaku adalah bunga Floating (bunga mengambang), yang mana besaran bunga akan berubah-ubah sesuai dengan suku bunga yang berlaku saat itu. Perubahan suku bunga akan mempengaruhi besarnya angsuran yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Ini Aplikasi Bantu Catat dan Kelola Keuangan

2. Multiguna CIMB Niaga

Dengan menjaminkan properti maka Anda bisa mendapatkan uang tunai dari Bank CIMB Niaga. Bank ini menawarkan fasilitas dengan lengkap baik secara konvensional maupun syariah.

Untuk jangka waktu, Bank CIMB Niaga memiliki tenor fleksibel hingga 20 tahun dan bekerjasama dengan banyak pengembang dan broker serta area cakupan yang luas. Khusus untuk suku bunga, Bank CIMB Niaga mengaku punya tawaran suku bunga rendah, yakni 7% untuk fix 3 tahun.

Ada syarat ketentuan umum yang harus dipenuhi, yakni WNI, berusia 18 tahun untuk yang sudah menikah dan 21 tahun yang belum belum menikah. Untuk konsumen karyawan maksimal usia 55 tahun dan pengusaha maksimal 65 tahun.

Nasabah harus memiliki pendapatan minimal Rp 7 juta per bulan, perhitungan angsuran dan penghasilan kotor diperbolehkan gabungan suami dan istri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News