Hemat

Ini Aplikasi Bantu Catat dan Kelola Keuangan

Ini Aplikasi Bantu Catat dan Kelola Keuangan

MOMSMONEY.ID - Mencatat keuangan menjadi salah satu kegiatan penting untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang boros atau ingin mengetahui seluruh uang yang sudah dikeluarkan.

Saat ini sudah terdapat berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mencatat dan mengelola keuangan Anda. Apa saja? berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan:

1. Finansialku
Finansialku merupakan salah satu aplikasi perencanaan keuangan yang juga memiliki fitur pencatatan keuangan. Diluncurkan sejak akhir 2017, awalnya aplikasi ini hanya berfungsi sebagai aplikasi manajemen keuangan pribadi atau untuk mencatat keuangan.

Semakin lama, layanan Finansialku terus dikelambankan. "Kami melihat kebutuhan klien itu tidak hanya untuk pencatatan keuangan, tetapi juga menata keuangan, perencanaan keuangan untuk jangka lebih panjang, dan lain sebagainya," ujar Founder Finansialku.com, Melvin Mumpuni.

Kini, untuk mempermudah pencatatan keuangan, akun pengguna Finansialku bisa terhubung beberapa bank. Dengan begitu pengguna bisa memilih mencatat keuangan secara manual maupun dengan menyambungkannya dengan rekening.

Baca Juga: Jerawat Hilang, Kenali 4 Manfaat Spirulina untuk Wajah

Selain mencatat keuangan, fitur lain yang dimiliki Finansialku adalah financial planning, dimana di dalamnya pengguna bisa melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan atau melakukan perencanaan keuangan. Di layanan ini, terdapat berbagai perencana keuangan yang bisa langsung ditanyai oleh pengguna. Selanjutnya ada juga pencatatan investasi hingga fitur belajar keuangan.

Meski bisa digunakan secara gratis, akun Finansialku bisa ditingkatkan menjadi akun premium dengan biaya Rp 35.000 per bulan atau Rp 350.000 per tahun.

2. Sribuu
Sribuu merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan yang berdiri sejak tahun 2020 atas nama PT maju Bersama Alia. Aplikasi pengatur keuangan ini juga menyediakan fitur pencatatan keuangan.

Melalui aplikasi ini, berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan mulai dari mencatat keuangan secara otomatis maupun manual, fitur anggaran keuangan (budgeting), tujuan keuangan atau mengatur jangka waktu menabung, hingga fitur investasi.

Berbagai fitur yang ada di aplikasi ini sudah mengalami berbagai perkembangan. Fitur terbaru diluncurkan pada September 2022, dimana terdapat fitur Bayar Tagihan dan Investasi Emas. Sribuu menggandeng OY! dan Alterra sebagai rekan penyedia layanan tagihan dan Laku Emas sebagai rekan jual beli emas. Kini, Sribuu juga bersama dengan beragam fintech dan non fintech untuk memberikan literasi keuangan di kalangan milenial dan Gen Z Indonesia.

Ke depannya, Sribuu berencana mengembangkan fitur analitik dan memberikan konsumen rekomendasi untuk beragam produk finansial.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan Kala Harga Pangan Melonjak

3. Finku

Aplikasi yang juga menyediakan fitur pencatatan keuangan adalah Finku. Aplikasi yang berdiri sejak tahun 2021 ini memberikan layanan pelacakan pengeluaran secara otomatis  dari akun bank, platform investasi dan e-wallet.

Selain mencatat setiap transaksi dan membuat perencanaan keuangan, fitur lain yang disediakan aplikasi ini seperti bayar tagihan hingga menyediakan saran-saran keuangan kepada para pengguna.

Co-Founder Finku, Shyam Kalairajah menerangkan, Finku sangat membantu bagi individu atau keluarga yang memiliki beberapa akun finansial mengingat aplikasi ini memberikan gambaran lengkap mengenai keuangan pribadi. Menurutnya, aplikasi ini pun bisa dimanfaatkan oleh para ibu.

"Khususnya bagi para ibu yang mengelola keuangan keluarga, aplikasi kami memungkinkan mereka untuk memiliki gambaran umum mengenai akun finansial suami, juga akun investasi yang mereka siapkan untuk masa depan anak-anak mereka," terang Shyam.

Untuk mengatur keuangan, pengguna bisa mengintegrasikan seluruh akun bank, dompet elektronik dan akun investasi untuk memantau saldo dan transaksi dalam aplikasi ini. Finku pun menyediakan fitur anggaran, bayar tagihan, dan target jangka panjang  seperti pendidikan anak atau pensiun. Bila Anda membutuhkan bantuan finansial, Finku pun menyediakan pinjaman berbiaya rendah.

4. FamFina

Famfina merupakan salah satu aplikasi catatan keuangan untuk keluarga Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencatat pemasukan harian hingga pengeluaran dengan cara yang simpel.

Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play maupun App Store ini pun memiliki beragam fitur seperti mengelola anggaran, rekening dan kategori, export ke excel dan pdf, menyimpan nota dan bukti transaksi, hingga memisahkan catatan keuangan dan mutasi antara rekening atau e-wallet yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News