AturUang

Tips Atur Keuangan Kala Harga Pangan Melonjak

Tips Atur Keuangan Kala Harga Pangan Melonjak

MOMSMONEY.ID - Di kala harga bahan bakar minyak dan bahan pangan melonjak tinggi, banyak orang ketakutan akan kondisi keuangannya. Bahkan tak sedikit juga yang melakukan aksi demonstrasi untuk mendapat tambahan penghasilannya.

Namun sebelum mengalami resesi keuangan, ada baiknya Anda menata dan mengelola keuangan agar tidak boros. Valencia Fabian, CFP, Financial Planner Finansialku.com menyebut bahwa kenaikan harga bahan baku dan pangan memang tak terelakkan dan berdampak bagi seluruh kalangan. Baik masyarakat juga pelaku usaha. Semua terkena imbasnya.

Akan tetapi, Valencia mencermati bahwa naiknya harga produk bukan menjadi alasan seseorang untuk tidak meraup keuntungan. Justru menurut Valencia harga produk harus ditingkatkan agar para pelaku usaha tetap meraih profit. “Ukuran produk juga mau tidak mau harus diperkecil atau dikurangi supaya tetap profitable,” ujar Valencia webinar bluAcademy bertajuk Financial Planning: Biar Kaya atau Biar Sejahtera? beberapa pekan yang lalu.

Baca Juga: Cara Cek Riwayat Transaksi di MyBCA Periode Satu Bulan

Disisi lain, bagi konsumen jangan takut dengan kondisi naiknya harga komoditas maupun harga bahan baku. Valencia bilang cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan gencar mencari berbagai promo produk yang ingin dibeli. Atau bisa juga dengan membeli bahan baku dari grosir yang harganya lebih terjangkau. 

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan program diskon atau potongan harga dari para pelaku usaha. “Misalnya pilih yang buy 1 get 1,” ungkapnya.

Dengan strategi tersebut, Valencia meyakini Anda bisa meminimalisir pengeluaran. Tetapi jika Anda merasa bahwa cara tersebut masih kurang dan pengeluaran masih membengkak maka ada baiknya mencari solusi lain seperti mencari pekerjaan sampingan yang tentunya tidak menganggu pekerjaan utama. “Jika merasa kurang, tambah penghasilan, ya,” ucap Valencia.

Baca Juga: Begini Cara Nabung Dollar AS di Jenius, Bisa Dapat Bunga 2% hingga Desember 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News