Santai

Potensi Cuaca Ekstrem, Waspadai Banjir di Jalan Tol Ini & Potensi Kemacetan

Potensi Cuaca Ekstrem, Waspadai Banjir di Jalan Tol Ini & Potensi Kemacetan

MOMSMONEY.ID -Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem yang diprediksi oleh BMKG terjadi di akhir tahun bersamaan dengan masa libur natal dan tahun baru. Potensi cuaca ekstrem dapat berakibat banjir. 
 
“Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat pada akhir tahun. Pada tahun 2020, kita ada suatu masalah banjir di jalur tol. Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya risiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja,” ujar Menhub saat melakukan pemantauan jalur tol Jakarta – Cikampek, Jumat (23/12).

Baca Juga: Tak Kalah Romantis, Tonton 6 Drama China Ini Saat Bosan Nonton Drakor
Menhub mengatakan, telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Kepolisian, BMKG, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya, untuk menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan, dan menanggulangi risiko banjir. 

Untuk menanggulangi cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan risiko banjir di jalan tol, upaya yang dilakukan yaitu membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan.

Beberapa titik jalan juga menjadi perhatian karena berpotensi terjadi banjir karena adanya cuaca ekstrem di akhir tahun yaitu di Km 136, Km 151, dan jalan nasional di Jembatan Sungai Cipunegara, Subang.  
 
Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas, telah disiapkan pemberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas seperti: one way atau contra flow

“Korlantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin  juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan juga jalur di arah balik,” ucap Menhub.

Baca Juga: 10 Pemain & Pelatih Terbaik di Piala Dunia 2022 & Pencapaiannya!

Selain waspada cuaca ekstrem yang bisa berdampak banjir, beberapa ruas tol berpotensi terjadi kemacetan. Melansir Jasa Marga, ruas tol yang berpotensi alami kemacetan adalah Cikampek hingga Semarang, Cisumdawu dan Jakarta Cikampek 2. 

Demikian informasi mengenai adanya potensi cuaca ekstrem yang berakibat banjir di jalan tol. Serta informasi potensi kemacetan di beberapa ruas tol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News