HOME, Bugar

Perhatikan Jenis-Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan Agar Tumbuh Kembang Anak Maksimal

Perhatikan Jenis-Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan Agar Tumbuh Kembang Anak Maksimal

MOMSMONEY.ID - Setiap anak memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk menunjang pertumbuhannya. Nutrisi yang tepat diberikan pada anak adalah nutrisi dengan pola gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan kalorinya, yang terdiri dari makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak; sedangkan mikronutrien berupa vitamin dan mineral. Bila salah satu hingga semua zat gizi tersebut tidak terpenuhi, anak dapat mengalami gizi kurang bahkan gizi buruk dan akan berdampak pada tumbuh kembangnya. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Otak

Berikut akan kita bahas mengenai makronutrien dan beberapa mikronutrien yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak sebagai berikut.

1. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi untuk pertumbuhan anak yang tak boleh dilupakan. Agar dirinya tubuh tinggi, ibu harus memberikan asupan kalsium yang cukup. Peran kalsium amat vital bagi pertumbuhan tulang dan gigi serta memperkuat otot dan tulangnya. 

2. Karbohidrat

Gula atau karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Gula yang akan diserap oleh tubuh adalah gula dalam bentuk sederhana, yaitu glukosa dan fruktosa. Gula yang terkandung dalam buah, sayur, dan susu merupakan gula alami yang baik untuk dikonsumsi anak.

Angka Kecukupan Gizi : 215 gr/hari untuk usia 1-3 tahun, 220 gr/hari untuk usia 4-6 tahun, dan 250 gr/hari untuk usia 7-9 tahun. Sumber kaya karbohidrat: roti, sereal, umbi-umbian, nasi, pasta, mie, tepung, sayur, buah.

3. Asam lemak esensial

Asam lemak esensial ternyata memiliki segudang manfaat bagi anak. Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuatsistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi. 

Selain itu, asam lemak esensial juga diperlukan untuk mempertahankan fungsi otak yang mengatur indra penglihatan anak. Anda dapat memberikan nutrisi untuk anak ini lewat makanan seperti telur, ikan tuna dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Konsumsi Durian untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan yaitu menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf.

Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak ini lewat asupan seperti buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.

5. Berbagai macam vitamin

Vitamin-vitamin tak kalah pentingnya dengan kalsium. Vitamin A, B, C, D, dan E amat dibutuhkan selama proses tumbuh kembang anak. Bila ibu menginginkan Si Kecil tumbuh tinggi, pastikan kebutuhan vitamin D-nya tercukupi.

Pasalnya, vitamin D ini bisa membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Nah, vitamin D ini banyak terkandung dalam susu dan produk olahannya ikan, bayam, kacang kedelai, hingga telur. 

Selanjutnya: Manfaat Buah Aprikot, Bisa Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News