Konsumsi Durian untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 24 September 2021 | 11:16 WIB
Konsumsi Durian untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

ILUSTRASI. Konsumsi Durian untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

MOMSMONEY.ID - Durian adalah salah satu buah eksotis dan populer dari Asia Tenggara karena memiliki aroma dan rasanya yang khas. Selain memiliki rasa yang khas, durian juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.  

Buah yang identik dengan duri dan aroma ini mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. Kandungan tersebut bermanfaat sangat baik untuk kesehatan Anda.  

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

Berikut beberapa manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.   

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan.Selain serat, Anda juga dapat memenuhi asupan protein dari buah durian, Ini karena durian tinggi protein.

Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potassium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.  

2. Mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat atau khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari durian adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini karena buah durian memiliki kandungan gizi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. 

Tak hanya itu, buah berduri ini juga diyakini mampu mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat kandungan asam lemak di dalamnya.  

3. Melawan infeksi bakteri

Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian. Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium.  

4. Memperkecil peluang terkena kanker

Anda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan rutin mengonsumsi buah durian.Hal ini dikaji dalam sebuah studi dari jurnal Food Chemistry. Dalam studi tersebut ditemukan fakta bahwa kandungan oksida nitrat pada durian mengurangi perkembangan kanker payudara.

Selain itu, kandungan polifenol pada durian juga mengurangi aktivitas apoptosis. Apoptosis adalah salah satu proses yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.  

5. Mencegah penuaan dini

Siapa sangka bahwa ternyata manfaat durian juga dapat menjaga kesehatan kulit? Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, rambut rontok, bahkan gigi goyang. 

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Meskipun kandungan nutrisinya banyak dan baik untuk tubuh, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam batas wajar agar tidak menimbulkan hal yang justru malah mengurangi manfaatnya.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Helvana Yulian
Terbaru