HOME, Bugar

Penyebab Rambut Berwarna Mudah Memudar, Cari Tahu di Sini

Penyebab Rambut Berwarna Mudah Memudar, Cari Tahu di Sini

MOMSMONEY.ID - Cat warna rambut bertahan kurang lebih selama 3 bulan. Namun, jika tidak anda rawat dengan tepat akan menyebabkan rambut cepat memudar. Selanjutnya, anda perlu mengecat ulang dan membutuhkan biaya lagi.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui penyebab rambut berwarna mudah memudar. Diharapkan anda tidak akan mengalami kejadian tersebut. Berikut penyebab rambut mudah memudar dilansir dari tresemme.com, yakni :

1. Suhu Panas dari Alat Styling

Suhu panas dari alat styling rambut bisa mempercepat proses warna rambut memudar, apalagi digunakan setiap hari. Memang penggunaan alat styling rambut dapat menunjang penampilan anda sehari-hari agar terlihat cantik dan indah. Anda perlu memberikan jeda waktu agar rambut tidak terkena suhu panas dari alat styling. 

2. Kandungan Kimia dari Produk Perawatan atau Styling Rambut

Penyebab rambut bewarna mudah memudar selanjutnya adalah kandungan kimia pada produk perawatan atau styling rambut. Tidak semua prdouk perawatan aman untuk merawat rambut berwarna. Anda perlu memilih produk perawatan rambut yang memang dikhususkan untuk rambut mewarnai. 

Selain produk perawatan rambut, produk styling rambut seperti obat smoothing, curling, sampai dengan hair spray juga berpotensi memudarkan warna rambut. Jika ingin men-styling rambut secara permanen, lakukan styling terlebih dahulu sebelum mewarnai.

Beri jeda waktu antara proses styling dan pewarnaan agar rambut tidak kering dan rusak karena paparan bahan kimia pada produk styling dan coloring. Apabila anda ingin melakukan styling dan pewarnaan dalam waktu dekat, konsultasikan masalah ini dengan hairstylist. Tanyakan juga perawatan dan produk yang tepat untuk merawat rambut berwarna dan permanent-styled.

3. Sinar Matahari Secara Langsung

Penyebab rambut berwarna mudah memudar juga karena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari langsung ke rambut akan merusak matriks rambut. Jika paparan ini terjadi setiap hari dan jangka waktu lama, maka warna rambut akan lebih cepat memudar meskipun anda menggunakan cat rambut berkualitas paling baik.

Efek lain yang akan diperoleh rambut yang terus menerus terpapar sinar matahari adalah kering, kusam, dan rapuh. Sehingga, anda perlu memakai pelindung kepala ketika anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Lip Balm Terbaik Membuat Bibir Sehat Natural

4. Pilihan Shampoo yang Kurang Tepat

Memiliki rambut berwarna perlu mendapatkan perhatian khusus seperti pemilihan sampo. Anda harus memilih sampo yang diformulasikan untuk rambut berwarn. Pilihlah sampo dengan tekstur yang lembut.

Selain itu, keramas rambut tidak boleh terlalu sering karena dapat menghilangkan warca cat rambut. Sebaiknya, cucilah rambut anda dua hari sekali. 

5. Pengguaan Masker Rambut yang Terlalu Sering

Masker rambut berfungsi untuk menutrisi rambut agar terhindar dari kerusakan. Namun, jika menggunakan masker rambut terlalu sering malah akan menyebabkan warna cat rambut mudah pudar. 

Sebaiknya agar tetap bisa memasker rambut berwarna adalah memilih masker yang kandungannya memang sudah disesuaikan untuk rambut diwarnai. Selain itu, hindari pemakaian masker yang terlalu sering. Pemilik rambut berwarna sebaiknya memasker rambutnya dua minggu sekali agar warna rambutnya tidak pudar.

6. Paparan Klorin Saat Berenang

Penyebab rambut berwarna mudah memudar lainnya adalah paparan klorin saat berenang. Air kolam renang mengandung klorin, salah satu bahan kimia yang sebenarnya dapat merusak dan memudarkan warna rambut.

Lindungi warna rambut anda dengan memakai topi renang kedap air agar rambut tidak terpapar air kolam renang. Selain itu, biasakan untuk keramas dengan sampo hingga benar-benar bersih setelah berenang. Sampo akan membersihkan sisa-sisa klorin yang masih menempel pada rambut.

Selanjutnya: Inilah 8 Cara Perawatan Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Indah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News