HOME, Bugar

Inilah 8 Cara Perawatan Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Indah

Inilah 8 Cara Perawatan Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Indah

MOMSMONEY.ID - Rambut berwarna perlu melakukan perawatan rutin agar warna rambut tetap awet, sehat dan indah. Warna cat rambut akan bertahan pada rambut anda selama kurang lebih 3 bulan atau lebih.

Namun, jika anda tidak pintar merawat rambut bewarna, warna cat rambut akan segera pudar.  Agar anda tidak mengalami kejadian tersebut, inilah cara perawatan rambut berwarna agar tetap sehat dan indah dilansir dari tresemme.com dan thebodyshop.co.id, yaitu

1. Pilih Warna Dasar yang Terang dan Harus Bleaching

Saat akan memilih warna rambut, pilihlah warna dasar rambut yang terang dan harus bleaching. Sehingga, ketika warna cat rambut anda memudar rambut tetap terlihat indah. Untuk pilihan warna rambut yang aman dan tidak terkesan pudar meskipun sudah lama, pilih warna netral atau cool toned color seperti ash brown.

Warna ini akan memberikan efek samar jika tampilannya mulai memudar. Bahkan, warna ash brown akan terlihat semakin flattering ketika pudar.

2. Pilih Sampo Khusus, Kondisioner dan Hair Mask

Cara perawatan rambut bewarna selanjutnya adalah pilihlah sampo khusus, kondisioner dan hair mask. Sampo untuk rambut berwarna, biasanya memiliki tekstur lembut sehingga tidak mengikis warna rambut dan membuat rambut menjadi kering.

Selain itu, gunakan kondisioner dan hair mask untuk menutrisi rambur anda agar tetap sehat dan indah. Penggunaan  kondisioner berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan rambut setelah keramas.

Sedangkan hair mask adalah perawatan mingguan yang wajib anda lakukan karena hair mask membantu melembapkan rambut secara intensif. Gunakan hair mask seminggu 1-2 kali untuk menjaga kesehatan rambut anda.

keramas

3. Perawatan Rambut Secara Rutin

Perawatan rambut berwarna dilakukan secara rutin, anda butuh waktu khusus untuk merawatnya. Anda bisa rutin pergi ke salon setiap 6 minggu sekali untuk melakukan retouch akar rambut agar agar warnanya tetap konsisten. Hal ini tentu bisa merawat warna rambut agar tetap indah.

4. Hindari Keramas Terlalu Sering

Keramas terlalu sering dapat membuat warna cat rambut cepat pudar. Bagi anda yang memiliki rambut berwarna, disarankan melakukan keramas minimal dua hari sekali untuk menjaga warna rambutnya tetap cerah. Sebagian dari anda mungkin terbiasa keramas setiap hari. Oleh karena itu, jika ingin warna rambut anda lebih tahan lama sebaiknya kurangi frekuensi keramas.

Baca Juga: Pahami 7 Cara Merawat Rambut Berhijab, Gunakan Hijab Saat Rambut Kering 

5. Hindari Keramas dengan Air Panas

Cara perawatan rambut berwarna selanjutnya adalah hindari meggunakan air panas saat keramas. Walaupun mandi dengan air hangat membuat badan tenang tetapi air hangat bisa melunturkan warna cat rambut anda lebih cepat. 

Lebih baik gunakan air dingin pada saat mencuci rambut yang diwarnai. Air dingin memiliki suhu yang lebih stabil sehingga tidak melunturkan warna cat rambutmu.

6. Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut

Agar rambut semakin terlihat indah, anda sering menggunakan alat styling rambut. Padahal hal tersebut dapat membuat warna rambut menjadi pudar dan tidak berkilau lagi. Suhu panas memang diperlukan untuk mempertahankan tatanan rambut.

Akan tetapi, jika rambut yang diwarnai terus menerus terpapar oleh suhu panas dari alat styling, maka rambut akan terlihat kusam. Oleh karena itu, anda perlu menambahkan produk vitamin rambut sebelum menggunakan alat styling rambut.

Mencatok rambut

7. Penuhi Nutrisi Rambut dengan Vitamin

Cara perawatan rambut berwarna selanjutnya dengan memenuhi nutrir rambut dengan vitamin. Gunakan vitamin rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut berwarna. Sehingga, rambut tetap terlihat sehat, indah dan berkilau.

8. Hindari Mengganti Warna Rambut Terlalu Sering

Cara perawatan rambut berwarna lainnya adalah hindari menganti warna rambut terlalu sering. Sebab, bahan kimia yang terkandung di dalam cat warna rambut lama lama akan membuat rambut anda tidak sehat. 

Sebaiknya cat rambut secara berkala saja agar warna tetap menyala dan konsisten, berikan waktu untuk rambut beristirahat sejenak.Kemudian hindari mengganti warna rambut lebih dari 3 kali dalam satu tahun.

Selanjutnya: Inilah 7 Cara Memanjang Rambut Secara Efektif, Tidak Sulit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News