Bugar

Pencernaan Bermasalah? Ini 5 Hal yang Membuat Pencernaan Tetap Lancar

Pencernaan Bermasalah? Ini 5 Hal yang Membuat Pencernaan Tetap Lancar

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar dan tidak bermasalah.

Pencernaan kurang lancar menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya dan bisa saja menggang aktivitas lainnya.

Anda bisa memperbanyak air putih, mengonsumsi serat, dan aktif bergerak untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan nyaman. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar dan tidak bermasalah, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih! Ini 15 Gejala Maag pada Anak yang Sering Disepelekan

1. Lebih banyak air putih 

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar yang pertama adalah lebih banyak minum air putih. 

Saat susah buang air besar, jangan buru-buru memutuskan untuk mengonsumsi obat pencahar. Cobalah untuk mengubah gaya hidup terlebih dahulu. 

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menambah jumlah asupan air putih. Sebab dehidrasi alias kekurangan asupan cairan pada tubuh bisa menjadi salah satu penyebab utama sembelit. 

2. Aktif bergerak 

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar yang kedua adalah aktif bergerak. Kurang bergerak ternyata juga bisa menjadi pemicu sembelit.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin berolahraga setidaknya jogging, lari-lari kecil, atau senam agar pencernaan jadi lebih lancar. 

Banyak bergerak disebut dapat membantu merangsang usus dan pada kesempatannya, hal itu berguna untuk mengatasi sembelit. 

3. Perhatikan pola makan

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar yang ketiga adalah perhatikan pola makan. 

Kurangnya vitamin B12 bisa menyebabkan sembelit. Jadi, cara ampuh melancarkan BAB yang keras secara alami adalah memerhatikan asupan vitamin B12 pada menu makanan.  

Anda bisa menambahkan makanan seperti kiwi, jeruk, oatmeal, lidah buaya, hingga nasi sebagai menu sarapan, makan siang, dan malam, hingga camilan. 

Baca Juga: Cara Mengontrol Diabetes, Ini Sederet Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi untuk Tubuh

4. Atur waktu BAB

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar yang selanjutnya adalah mengatur waktu untuk BAB. 

Salah satu cara membuat pencernaan lebih lancar adalah dengan mengatur jadwal buang air besar. Bagi sebagian besar orang, pagi hari adalah waktu terbaik untuk buang air besar. 

Cara untuk mengatur waktu buang air besar adalah dengan makan teratur pada jam yang sama, sehingga pencernaan akan memiliki ritme yang lebih teratur dan BAB jadi lebih lancar. 

5. Rutin berolahraga

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar yang terakhir adalah rutin berolahrga. 

Selain menyehatkan tubuh, rutin berolahraga ternyata bisa membantu melancarkan buang air besar.

Olahraga dapat membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dan membuat usus tetap aktif bergerak. Coba lakukan beberapa hal ini secara rutin dan disiplin untuk merasakan manfaatnya. 

Jika dalam penerapannya masih ada keluhan yang tidak bisa ditangani, sebaiknya segera temui dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sistem pencernaan tetap lancar dan tidak bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News