Bugar

Cara Mengontrol Diabetes, Ini Sederet Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi untuk Tubuh

Cara Mengontrol Diabetes, Ini Sederet Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh, salah satunya bisa mengontrol diabetes.

Labu siam kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan. Namun, siapa sangka manfaat labu siam bagi kesehatan juga sangat beragam. 

Buah yang sering dianggap sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker, dikutip dari Mayo Clinic.

Mengutip USDA Food Composition, buah ini mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan fosfor. 

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic, inilah sederet manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Sederet Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

1. Mengontrol gula darah

Manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang pertama adalah mengontrol gula darah. 

Labu siam adalah makanan rendah karbohidrat total dan tinggi serat larut, alhasil manfaat labu siam bisa membantu mengatur kadar gula darah. 

Menurut laman Academy of Nutrition and Dietetics, labu siam juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan memengaruhi insulin (hormon yang mengatur kadar gula darah). 

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang kedua adalah melancarakan pencernaan. Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat.

Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar. 

Baca Juga: Waspada Batuk Berdarah, Ini Sederet Gejala Kanker Paru yang Perlu Diwaspadai

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. 

Makan labu siam dapat memengaruhi beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk. 

Selain itu, bersumber dari U.S. National Library of Medicine, antioksidan utama dalam labu siam, juga telah terbukti menurunkan kolesterol dalam beberapa penelitian pada hewan. 

4. Baik dikonsumsi saat masa kehamilan

Manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang lainnya adalah baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Folat, atau vitamin B9, penting bagi semua orang.

Tapi, nutrisi ini penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selama awal kehamilan, folat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. 

Dikutip dari jurnal Reviews in Obstetrics and Gynecology, asupan folat yang cukup juga dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur. Ini menjadi manfaat labu siam selanjutnya. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 5 Superfood yang Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

5. Menurunkan kadar asam urat

Manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang terakhir adalah menurunkan kadar asam urat. 

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat.

Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Meski menyehatkan, konsumsi labu siam saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat labu siam atau memiliki penyakit tertentu dan ragu mengonsumsi labu siam, konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Itulah sederet manfaat labu siam yang kaya nutrisi untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News