Bugar

Wajib Dicoba! Ini 5 Superfood yang Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

Wajib Dicoba! Ini 5 Superfood yang Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa superfood yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit yang wajib Anda coba dan konsumsi secara rutin.

Memiliki kulit cerah dan sehat tidak melulu dengan cara memakai produk perawatan kecantikan kulit yang mahal. Mencerahkan kulit juga bisa dilakukan dari dalam, dengan mengubah menu makanan. 

Berbagai makanan yang sehat untuk kulit terdapat beragam nutrisi penting yang sayang dilewatkan, seperti protein, lemak sehat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral penting bagi kulit, dilansir dari Mayo Clinic.  

Selain itu, mengutip dari Web MD, inilah beberapa superfood yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit yang wajib Anda coba dan konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

1. Alpukat

Superfood yang menjaga kesehatan kulit pertama adalah alpukat. Buah yang bagus untuk kulit ini merupakan sumber lemak sehat.

Lemak sehat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan kulit.  

Sebuah riset yang dimuat dalam British Journal of Nutrition membuktikan bahwa mengonsumsi lemak sehat, termasuk dari buah alpukat, dapat membuat kulit terasa kenyal dan elastis.  

2. Tahu

Superfood yang menjaga kesehatan kulit kedua adalah tahu. Tahu juga menjadi sumber makanan yang bagus untuk kulit wajah.

Hal ini berkat kandungan isoflavon, yakni senyawa tumbuhan yang berpotensi baik untuk kulit.  

Dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology ada penelitian terhadap responden wanita yang mengonsumsi kedelai isoflavon selama 8-12 minggu berturut-turut. Hasilnya, mampu mengurangi garis halus di wajah serta meningkatkan elastisitas kulit. 

3. Brokoli

Superfood yang menjaga kesehatan kulit ketiga adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu makanan sehat untuk kulit yang sayang jika dilewatkan.

Brokoli mengandung nutrisi untuk kulit yang baik, seperti seperti zinc, vitamin A, hingga vitamin C. 

Menurut hasil riset yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology, sulforaphane memberikan efek proteksi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.  

4. Labu 

Superfood yang menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah labu. Labu mengandung beta karoten yang baik untuk melindungi kulit serta membuat kulit tampak cerah alami.  

Baca Juga: Jangan Langsung Panik, Ini Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diketahui

5. Kacang edamame

Superfood yang menjaga kesehatan kulit kelima adalah kacang edamame. Tubuh juga memerlukan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit.

Anda dapat menemukan kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kacang edamame. 

Edamame mengandung isoflavon yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Menurut Web MD, antioksidan sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. 

Selain makanan di atas, agar kesehatan kulit tetap terjaga, kamu juga perlu menjaga kelembaban kulit dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. 

Asupan air yang cukup tidak hanya membuat kulit menjadi lembab, tapi juga dapat menyembuhkan jerawat, melindungi kulit dari racun berbahaya, dan membuat kulit lebih cerah.

Itulah beberapa superfood yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit yang wajib Anda coba dan konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News