Bugar

10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin, salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung. 

Roti menjadi salah satu menu sarapan favorit bagi keluarga. Selain praktis, roti tawar sangat mudah ditemukan dan lezat jika dipadankan dengan berbagai jenis selai kesukaan. 

Jika Anda ingin lebih sehat, Anda bisa memilih roti gandum sebagai salah satu menu sarapan sehari-hari. 

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang membuat roti ini sangat cocok untuk dijadikan sarapan.

Karbohidrat komplek dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar, dilansir dari Mayo Clinic. 

Selain karbohidrat, roti gandum juga dinilai sebagai sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Satu helai roti gandum memiliki kandungan protein nabati sebanyak sebanyak 5 gram. 

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam roti gandum juga cukup beragam. Roti gandum umumnya mengandung zat besi, kalium, vitamin B, dan asam folat, dikutip Healthline.

Sesuai dengan namanya, roti gandum terbuat dari tepung gandum utuh. "Utuh" artinya menggunakan kernel gandum lengkap.

Kernel gandum sendiri terdiri dari 3 komponen utama: endosperma yaitu sekitar 83 persen dari nukleus, kemudian ada kulit padi yaitu sekitar 15 persen dari nukleus, dan benih yang sekitar 2 persen dari nukleus.

Tepung gandum utuh didefinisikan di sebagian besar negara di dunia sebagai tepung yang mengandung semua komponen nukleus dalam perbandingan aslinya.

Mengutip dari The Bread Guide, bagian terpenting dari biji-bijian adalah benih dan kulit padi. Esensi dari biji-bijian berada di dalam benih karena mengandung banyak vitamin.

Dalam kulit padi, kita akan menemukan serat dan mineral makanan seperti magnesium dan zat besi. Sedangkan endosperma mengandung pati dan protein.

Jika Anda ingin beralih mengonsumsi roti gandum, sebaiknya ketahui manfaat mengonsumsi roti gandum untuk kesehatan yang sangat beragam. 

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin, antara lain: 

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin yang pertama bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi banyak serat dapat membantu Anda menjaga perkembangan bakteri baik pada usus. Bakteri baik dalam usus dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan usus. 

2. Mengurangi peradangan kronis

Manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin yang selanjutnya adalah mengurangi peradangan kronis. Peradangan adalah akar dari banyak penyakit kronis.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji-bijian dapat membantu mengurangi peradangan.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan biji-bijian paling banyak cenderung meninggal karena kondisi kronis terkait peradangan.

Penelitian dalam U.S. National Library of Medicine baru-baru ini, orang-orang dengan pola makan tidak sehat mengganti produk gandum olahan dengan produk gandum utuh dan melihat penurunan penanda inflamasi.

Hasil penelitian ini dan penelitian lainnya mendukung rekomendasi kesehatan masyarakat untuk mengganti sebagian besar biji-bijian olahan dengan biji-bijian.

3. Membantu mengontrol berat badan

Manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin yang ketiga adalah bisa membantu mengontrol berat badan. 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, roti gandum menjadi jenis makanan yang bisa Anda konsumsi setiap pagi.

Berbeda dengan roti tawar putih, roti gandum memiliki jumlah kalori lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar putih. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Rutin Mengonsumsi Semangka Kuning Saat Program Hamil

4. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat roti gandum secara rutin yang selanjutnya adalah membantu menurunkan kolesterol. Biji-bijian utuh tidak hanya membantu mencegah tubuh kita menyerap kolesterol "jahat". 

Tetapi juga dapat menurunkan trigliserida, yang keduanya merupakan kontributor utama penyakit jantung. Faktanya, biji-bijian utuh menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit kronis. 

Bersumber dari British Medical Journal, dengan meningkatkan pengonsumsian makanan yang mengandung gandum, dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan kematian yang menjadi komplikasi penyakit tersebut. 

6. Kaya akan protein nabati

Manfaat mengonsumsi roti gandum setiap hari yang selanjutnya adalah kaya protein nabati. Sepotong roti gandum utuh dapat mengandung hingga 5 gram protein.

Gandum utuh bukan hanya sumber yang baik untuk karbohidrat kompleks, secara mengejutkan juga kaya akan protein nabati.

7. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Rutin mengonsumsi roti gandum juga membantu Anda menurunkan risiko alami diabetes tipe 2. Manfaat roti gandum yang selanjutnya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Penelitian oleh Department of Clinical Medicine and Surgery, memiliki kabar baik bagi mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Tinjauan 2018 di jurnal Nutrients menyimpulkan, asupan makanan gandum yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Baca Juga: Manfaat Jahe Bisa Meredakan GERD, Ini 5 Bahan Alami Mengobati Asam Lambung

8. Dapat mengurangi risiko kanker

Manfaat mengonsumsi roti gandum setiap hari selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker. Penelitian tentang biji-bijian dan risiko kanker telah memberikan hasil yang beragam, meskipun menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Dalam satu ulasan dari 20 penelitian, 6 menunjukkan penurunan risiko kanker, sedangkan 14 menunjukkan tidak ada hubungannya.

Jurnal American Institute for Cancer Research menunjukkan, manfaat antikanker terkuat dari biji-bijian adalah melawan kanker kolorektal, salah satu jenis kanker yang paling umum.

Selain itu, beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan serat dapat membantu menurunkan risiko kanker. Ini termasuk perannya sebagai prebiotik.

9. Dapat menurunkan risiko stroke

Manfaat roti gandum yang selanjutnya adalah menurunkan risiko stroke. Studi BMJ yang sama yang mengaitkan makan biji-bijian dengan jantung yang lebih sehat juga menghubungkannya dengan risiko stroke yang lebih rendah.

Dan itu belum semuanya! Studi tersebut bahkan menunjukkan bahwa kematian karena sebab apa pun turun dengan peningkatan konsumsi biji-bijian yang cukup.

10. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengonsumsi roti gandum setiap hari yang terakhir juga punya manfaat baik bagi kesehatan jantung.

Kandungan biji-bijian dalam roti gandum dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. 

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang memicu gangguan pada jantung. 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi roti gandum secara rutin yang bisa Anda rasakan. Pastikan mengonsumsinya dengan tepat dan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News