HOME, Bugar

Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah murbei berasal dari bahasa latin yaitu morus, buah ini termasuk dalam klasifikasi buah beri. Ukuran buah murbei termasuk kecil karena hanya berkisar 2-5 centimeter (cm) saja.  

Meski begitu buah murbei ini memiliki rasa yang menyegarkan karena rasanya asam dan manis. Buah murbei memang tidak banyak diketahui seperti buah beri lainnya.

Perlu Anda tahu bahwa buah murbei mempunyai segudang manfaat untuk menjaga kesehatan, mulai dari kesehatan mata sampai kulit. 

Buah murbei kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin C, vitamin K, kalium, dan kalsium. Drirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat murbei bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: Buah-Buahan yang Ampuh Meredakan Tekanan Darah Tinggi

1. Mempertajam penglihatan

Manfaat murbei dapat membantu mempertajam penglihatan Anda. Buah murbei memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan dan meredakan ketegangan mata. 

Selain itu, vitamin A dan lutein serta zeaxanthin juga melindungi mata dari radikal bebas yang umumnya menjadi penyebab penurunan penglihatan dan degenerasi retina. 

2. Memiliki sifat antipenuaan

Kandungan murbei berupa antioksidan bekerja sebagai antipenuaan, sehingga menjaga kulit Anda bebas dari kerutan. Antioksidan dalam buah murbei, seperti beta-karoten, mampu menetralkan radikal bebas yang merusak kulit. 

Tidak hanya itu, buah murbei juga menyediakan vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin ini membawa manfaat murbei berupa meminimalisir keriput di wajah Anda. 

3. Baik untuk kesehatan mata

Buah murbei mengandung vitamin A, vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh bisa memperkuat dan mempertajam penglihatan pada mata kamu.  

Selain itu mengonsumsi buah beri secara teratur juga berpotensi mengurangi ketegangan yang bisa membuat sel-sel mata menjadi stres. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah murbei mengandung vitamin C. Oleh karena itu, manfaat murbei dari vitamin C membantu melawan infeksi virus atau bakteri asing sehingga membuat daya tahan tubuh Anda optimal. 

Vitamin tersebut tidak disimpan atau diproduksi dalam tubuh sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan sehari-hari, seperti dari buah murbei.  

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti buah dan sayuran lainnya, buah murbei juga mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. 

Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. 

Konsumsi kandungan murbei yang kaya serat dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan kram perut. 

Itulah beberapa manfaat murbei yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya buahnya, Anda juga bisa membeli bibit pohon buah murbei untuk ditanam sendiri di rumah. 

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi Semangka Kuning untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News