Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 09:50 WIB
Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen. Buah Manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi buah mengkudu tentunya tak lepas dari berbagai kandungan zat gizi di dalamnya.

Pada satu buahnya, buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski demikian, dilansir dari Mayo Clinic dan Everyday Health, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, di antaranya berikut ini.

Baca Juga: Anda Mengalami Syaraf Kejepit? Wajib Hindari 5 Pantangan Ini

1. Mengurangi nyeri sendi

Buah mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

3. Bantu mengobati arthritis

Mengutip Dr. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis mengatakan bahwa manfaat buah mengkudu bisa untuk mengobati pasien dengan kondisi arthritis.

Jika Moms menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu secara rutin, ini dapat mengurangi nyeri arthritis seminimal mungkin.

4. Bantu menurunkan kolesterol

Anda tentu sudah mengetahui bahwa merokok bukanlah kebiasaan baik. Tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan organ pernapasan Anda, merokok juga bisa menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat.

Konsumsi jus mengkudu mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Penelitian tim dari University of Illinois College of Medicine mengungkap minum jus mengkudu selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

Baca Juga: Kenali Manfaat Rutin Mengonsumsi Semangka Kuning Saat Program Hamil

5. Menurunkan gula darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah. Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian semacam itu.

Studi tersebut menemukan bahwa buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Selain berbagai manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan stamina tubuh.

Sayangnya, berbagai klaim manfaat buah mengkudu tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. 

Selanjutnya: 11 Vaksin Covid-19 ini sudah dapat izin BPOM, efek samping mulai mual hingga diare

Editor: Helvana Yulian
Terbaru