Bugar

Sederet Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

Sederet Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya. 

Lonjakan gula darah adalah gejala utama penyakit diabetes. Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat. 

Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak mampu menggunakan insulin dengan benar, sehingga glukosa menumpuk ke dalam aliran darah, dilansir dari Healthline.  

Mengutip Medical News Today, kriteria makanan penurun gula darah yang ampuh lainnya bisa diketahui adalah melalui indeks glikemiknya (GI). 

Berikut ini beberapa jenis makanan penurun gula darah dengan cepat yang wajib dikonsumsi untuk Anda yang ingin menjaga kadar gula darah tetap dalam level yang sehat. 

Dikutip dari beberapa sumber, beberapa makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya, antara lain: 

Baca Juga: Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

1. Biji labu

Makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah yang pertama adalah biji labu. 

Berwarna cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan, labu adalah pilihan tepat sebagai makanan penurun gula darah. 

Melansir jurnal Advance Pharmaceutical Bulletin, labu kuning juga digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran.  

Biji labu mengandung lemak dan protein yang sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah. 

2. Kacang dan selai kacang

Makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah yang kedua adalah kacang dan selai kacang. 

Sebuah tinjauan dari Public Library of Science juga menemukan bahwa diet yang menekankan kacang pohon pada asupan harian rata-rata 2 ons (56 gram) secara signifikan mengurangi gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c). 

HbA1c adalah penanda kontrol gula darah jangka panjang. 

3. Kimchi

Makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah yang selanjutnya kimchi, tentunya jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

Meski rasanya agak asam, namun makanan fermentasi seperti kimchi dan sauerkraut dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan. 

Mengutip Annals of Nutrition and Metabolism, sebuah studi pada 21 orang dengan pradiabetes menemukan bahwa makan kimchi yang difermentasi selama 8 minggu meningkatkan toleransi glukosa pada 33 persen peserta.  

4. Biji chia

Makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah berikutnya adalah biji chia. Makan biji chia (chia seeds) nyatanya juga dapat membantu mengontrol gula darah.

Penelitian telah mengaitkan konsumsi biji chia dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin. 

Tinjauan dalam Journal of Food Science yang dilakukan pada tahun 2020 terhadap 17 hewan menyimpulkan, biji chia dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah. 

Baca Juga: Jogging Setiap Hari, Ini Sederet Manfaat Jogging untuk Kesehatan

5. Bawang putih

Makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah terakhir adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bahan populer dalam pengobatan tradisional untuk diabetes.

Senyawa dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin. 

Dalam sebuah studi pada 2013, 60 orang yang mengidap diabetes tipe 2 dan obesitas yang mengonsumsi metformin dan bawang putih mengalami penurunan yang lebih signifikan dalam kadar gula darah. 

Anda perlu membicarakan hal ini dengan dokter tentang bagaimana memasukkan makanan sehat tadi ke dalam rencana perawatan diabetes. 

Itulah beberapa makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News