Bugar

Pahami Manfaat dan Cara Membuat Lulur Boreh, Perawatan Kecantikan Khas Bali

Pahami Manfaat dan Cara Membuat Lulur Boreh, Perawatan Kecantikan Khas Bali

MOMSMONEY.ID - Menarik untuk dicoba, Anda perlu tahu manfaat dan cara membuat lulur boreh khas bali. Bali dikenal dengan perawatan kecantikan, salah satunya lulur boreh. Lulur boreh adalah lulur tradisional yang berasal dari Bali.

Sejarah lulur boreh dimulai dari petani beras Bali yang menggunakan campuran rempah-rempahan untuk dioleskan pada kaki setelah seharian bekerja di sawah. Sehingga, mereka tetap menjaga kecantikan kulit. 

Melansir dari indonesianbeautyheritage.com, manfaat lulur boreh khas Bali untuk tubuh bagian dalam, yaitu melancarkan peredaran darah, melembutkan kulit, efek menghangatkan tubuh, dan membantu tubuh mengeluarkan racun,

Kemudian, menyeimbangkan suhu tubuh, aroma rempah yang kuat cocok untuk meredakan flu atau masuk angin, serta menghilangkan nyeri otot.

Selain dari dalam tubuh, manfaat lulur boreh khas Bali pada tubuh bagian luar adalah menghilangkan garis-garis pada kulit (menghilangkan kerutan kulit pada perut), mengangkat sel-sel kulit mati, dan bisa menghilangkan selulit. 

Baca Juga: Mau Melukat di Bali? Coba Kunjungi 4 Tempat Melukat Populer Ini Saja

Ternyata, banyak sekali manfaat lulur boreh untuk tubuh, Anda bisa melakukan perawatan rutin lulur boreh ini secara rutin setiap minggu.

Jika Anda tertarik mencoba lulur boreh, persiapkan bahan-bahannya dan simak cara membuat lulur boreh dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu: 

UPACARA TAWUR AGUNG KESANGA DI BALI

Baca Juga: 4 Produk Basic Skincare yang Perlu Dipakai Saat Bulan Puasa, Apa Saja?

Bahan-bahan :

  • Beras putih atau beras merah (100 gr)
  • Kencur (100 gr)
  • Jahe (50 gr)
  • Kunyit (5 gr)
  • Cengkeh (5 gr)
  • Biji Pala (1 biji)
  • Kayu Cendana (100 gr)
  • Kemiri (100 gr)
  • Kelapa Parut (100 gr)
  • Garam (1 sdt)

Cara membuat:

Campurkan semua bahan boreh satu per satu ke dalam sebuah cobek kemudian ulek sampai halus menjadi bubuk.

Untuk mempermudah pekerjaan dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal, semua bahan bisa dicampur menjadi satu ke dalam mesin penggiling (blender) dan giling sampai halus menjadi bubuk. 

Cara Pemakaian :

Pijat tubuh terlebih dahulu dengan membalurkan massage oil agar tubuh lebih rileks dan mencegah tubuh lecet. Lalu, tuang bubuk lulur boreh secukupnya dan tambahkan air secukupnya sampai teksturnya seperti pasta, jangan terlalu encer.

Kemudian, balurkan lulur boleh ke tubuh secara merata. Tutup tubuh dengan kain dan diamkan lulur selama 30 menit. Selanjutnya, gosok perlahan-lahan sampai boreh jatuh. Hindari penggunaan pada area sensitif. 

Sekarang Anda sudah tahu manfaat dan cara membuat lulur boreh di rumah. Lulur boreh bisa menjadi alternatif pilihan perawatan tubuh Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News