Santai

Mau Melukat di Bali? Coba Kunjungi 4 Tempat Melukat Populer Ini Saja

Mau Melukat di Bali? Coba Kunjungi 4 Tempat Melukat Populer Ini Saja

MOMSMONEY.ID - Bagi yang ingin merasakan pengalaman Melukat di Bali, berikut ini beberapa rekomendasi tempat Melukat populer yang bisa Anda coba.

Melukat merupakan tradisi pembersihan diri secara jasmani dan rohani yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali. Tradisi Melukat pun juga hampir sama dengan tradisi ruwatan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Kini, Melukat tak hanya bisa dilakukan oleh umat Hindu Bali saja. Melukat juga bisa dilakukan oleh masyarakat umum di tempat Melukat.

Berikut ada beberapa tempat Melukat populer di Bali yang telah dirangkum Momsmoney:

Baca Juga: 6 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Nyepi, Turis Wajib Tahu

Pura Luhur Tamba Waras

Seperti namanya, Pura Luhur Tamba Waras yang berada di Kabupaten Tabanan ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin memperoleh kesembuhan medis dan nonmedis. Tempat ini juga dipercaya menjadi sumber pengobatan yang ada di Bali.

Proses yang dilakukan terlebih dahulu adalah prosesi melukat di tujuh pancoran air, Pancoran Sapta Gangga, dan dipandu oleh pemangku.

Saat melakukan prosesi ini, biasanya tubuh orang yang terjangkit penyakit medis dan non medis akan bereaksi. Seperti mual dan muntah setelah meminum air dari sumber tersebut.

Pura Dalem Pingit Sebatu

Berada di Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali, tempat ini merupakan tempat melukat populer yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Tempat ini memiliki air terjun dengan aliran deras yang dipercaya bisa mengobati penyakit nonmedis.

Menariknya, air yang mengalir pada tubuh orang yang melakukan melukat di tempat ini akan berubah menjadi keruh ketika orang tersebut memiliki energi buruk atau jiwa yang kotor. Hal tersebut juga bisa dilihat secara kasat mata, lo.

Baca Juga: 30 Ucapan Hari Raya Nyepi 2023 Penuh Makna, Cocok Jadi Status WhatsApp

Pura Tirta Empul

Berlokasi di Kecamatan Tampak Siring, Gianyar, Bali, Pura Tirta Empul merupakan tempat melukat populer yang banyak didatangi masyarakat Bali dan turis lokal maupun internasional.

Tempat melukat ini memiliki banyak pancoran air yang dialiri air dari sumber mata air alami yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Air tersebut lah yang digunakan untuk melakukan proses Melukat.

Pura Campuhan Windhu Segara

Rekomendasi tempat melukat populer lainnya di Bali yang biasa dikunjungi turis adalah Pura Campuhan Windhu Segara. Pura ini berlokasi di Padang Galak, Sanur, Denpasar Timur.

Pura yang telah dibangun dari tahun 2005 ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal menarik dari Pura ini adalah kegiatan Melukat dilakukan di pertemuan aliran air laut Pantai Padang dan Sungai Ayung.

Pastikan untuk berada dalam kondisi suci atau tidak datang bulan saat ingin melakukan melukat, ya.

Nah, itu tadi ada beberapa rekomendasi tempat Melukat populer di Bali yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News