Bugar

Pahami 5 Kebiasan yang Membuat Rambut Lama Panjang

Pahami 5 Kebiasan yang Membuat Rambut Lama Panjang

MOMSMONEY.ID - Ternyata, kebiasaan inilah yang membuat rambut lama panjang. Mungkin Anda merasa bingung jika panjang rambut segitu-segitu saja.

Selain dibantu dengan produk perawatan rambut, ada kebiasaan yang perlu Anda hindari. Kebiasaan ini cukup sering dilakukan dan mungkin Anda tidak tahu dampaknya akan buruk pada rambut.

Oleh karena itu, berikut lima kebisaan yang membuat rambut lama panjang dilansir dari dove.com, yaitu:  

1. Menggunakan hair dryer terlalu sering

Kebiasaan yang memperlambat rambut panjang adalah menggunakan hair dryer terlalu sering. Seberapa sering Anda mengeringkan rambut menggunakan hair dryer?

Jika dilakukan secara terus menerus, rambut akan menjadi kering. Paparan suhu panas dari ujung hair dryer menyebabkan protein dan kelembapan rambut cepat menghilang.

Sehingga, menyebabkan rambut akan rentan kering dan rusak. Sebaiknya, keringkan rambut secara alami, bisa menggunakan kipas angin atau didiamkan saja. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Bekasnya

2. Membungkus rambut basah dengan handuk

Kebiasaan ini cukup sering dilakukan setelah keramas, yaitu membungkus rambut saat basah dengan handuk. Ternyata, membungkus rambut dengan handuk bisa memicu kerusakan rambut jika dilakukan terus-menerus.

Cara mengeringkan rambut dengan handuk seperti ini bisa menyebabkan tipe rambut kering mengalami kerusakan di bagian batang rambut. Hal ini menjadikan rambut sulit diatur dan gampang patah.

3. Menyisir rambut ketika basah

Kebiasaan selanjutnya adalah menyisir rambut ketika basah. Sisir rambut Anda ketika sudah kering. Jangan pernah menyisir di saat basah.

Hal ini karena rambut basah cenderung lebih lemah dan lebih mudah mengalami kerontokan dibandingkan ketika rambut dalam keadaan kering.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

4. Menggunakan styling tool bersuhu ekstrem

Menggunakan alat styling tool bersuhu ekstrem juga bisa memperlambat rambut panjang. Rambut tetap harus diberikan istirahat terbebas dari alat-alat pemanas seperti curling wand, flat iron, atau hair dryer.

Panas dari alat-alat tersebut bisa menghilangkan protein alami pada rambut. Membuatnya kering sehingga mudah patah dan rapuh.

Rambut bisa jadi susah panjang karena terus-menerus patah akibat batang rambut yang kehilangan kekuatannya. Jika perlu, hentikan pemakaian styling tool seluruhnya, agar Anda mendapatkan rambut yang lebih panjang dan lebih sehat.

5. Over-styling rambut dengan perming kimia

Kebiasaan yang memperlambat panjang rambut lainnya adalah melakukan over-styling rambut dengan perming kimia. Dampak yang akan terjadi jika Anda sering mengganti gaya rambut adalah rambut rontok, mudah patah dan susah panjang. 

Pemakaian zat kimia untuk pewarnaan, bleaching, pelurusan, dan pengeritingan bisa berdampak pada melemahnya struktur rambut.

Sehingga, rambut rentan kering, patah, dan rontok. Pemakaian perm kimia dalam waktu pendek juga menyebabkan trauma pada rambut atau kulit kepala.

Bahan kimia bisa saja mengenai lapisan kulit sehingga menyebabkan kebotakan dan merusak folikel di area tersebut.

Akibat terburuknya, rambut tumbuh lebih lambat bahkan berhenti sama sekali. Tentunya, hal ini sangat dihindari, ya. Beri waktu rambut istirahat untuk bisa kembali normal kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News