Bugar

Kenali 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Bekasnya

Kenali 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Bekasnya

MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, inilah manfaat sandalwood untuk kulit. Sandalwood atau cendana berasal dari India. 

Sandalwood bisa ditemukan dalam bentuk minyak esensial yang telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda. 

Selain memiliki manfaat dalam dunia kesehatan, sandalwood juga bisa merawat kulit Anda. 

Jika Anda tertarik lebih jauh, berikut lima manfaat sandalwood untuk kulit dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Manfaat pertama sandalwood untuk kulit adalah mengatasi jerawat dan bekasnya. Dahulu, masyarakat India sudah menggunakan sandalwood sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi jerawat dan infeksi jamur.

Menurut studi tahun 2012, sandalwood dapat mengurangi jumlah lesi pada 90 persen pasien berjerawat. Selain itu, sandalwood memiliki efek anti mikroba yang dapat melawan bakteri di area kulit, serta virus dan jamur.

Inilah alasan sandalwood dimasukkan ke dalam pengobatan Ayurveda, karena kualitasnya yang dapat menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari, jerawat, ruam, dan gigitan serangga.

2. Memudarkan bekas luka

Manfaat sandalwood untuk kulit selanjutnya adalah memudarkan bekas luka. Minyak sandalwood dapat menutrisi kulit, meningkatkan elastisitas sel kulit, bahkan membantu mencerahkan warna kulit yang tidak merata.

Dengan bahan sandalwood ini, bekas luka dapat disamarkan. Menurut studi tahun 2018, sandalwood dan madu dibuktikan dapat mencegah atau meminimalisir jaringan parut atau bekas luka yang dalam.

Baca Juga: Ketahui 3 Manfaat Melon untuk Kulit, Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan kulit

Berikutnya, manfaat sandalwood untuk kulit adalah mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan kulit. Sandalwood tidak hanya bisa melembabkan dan memberi nutrisi. 

Sandalwood mengandung antioksidan, yang dapat mempertahankan struktur sel-sel kulit sehingga tetap elastis. Ditambah dengan kandungan antioksidan di dalamnya, sandalwood dapat membantu mencegah keriput dengan melawan efek radikal bebas.

4. Mencerahkan kulit kusam

Kemudian, sandalwood juga bisa mencerahkan kulit kusam. Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, perubahan warna kulit yang signifikan dapat menjadi pertanda adanya kelebihan panas di dalam tubuh.

Komponen yang terkandung dalam sandalwood adalah penghambat tirosinase, yang membuat produksi melanin berlebih. Inilah mengapa sandalwood juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit belang dan warna kulit yang tidak merata.

5. Inflamasi, psoriasis, eksim, dan penyembuhan luka

Manfaat sandalwood untuk kulit lainnya adalah mengatasi inflamasi, psoriasis, eksim dan penyembuhan luka. Berkat kandungan anti inflamasi di dalamnya, minyak sandalwood dinilai dapat membantu mengobati eksim, psoriasis, dan infeksi kulit lainnya.

Mengacu studi tahun 2017, sandalwood yang dikombinasikan dengan kunyit bahkan dapat mengurangi ruam dan perubahan warna kulit setelah radiasi kemoterapi.

Selain itu, sifat antiseptik sandalwood juga berperan dalam perawatan dan penyembuhan luka.

Itulah lima manfaat sandalwood untuk kulit yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News