HOME, Bugar

Obat Alami Hilangkan Pengar atau Hangover Setelah Minum Alkohol

Obat Alami Hilangkan Pengar atau Hangover Setelah Minum Alkohol

MOMSMONEY.ID - Hangover atau pengar adalah keadaan tidak nyaman setelah bangun tidur di pagi hari, akibat mabuk atau terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol. 

Hangover atau yang dalam istilah medis disebut “veisalgia” punya gejala umum, yakni pusing, sakit kepala, linglung, haus, dan tidak enak badan. Keadaan ini biasa disebut dengan hidung pengar atau kondisi yang tidak nyaman.

Keadaan ini tentu mengganggu, karena gejalanya bisa bertahan seharian. Untuk meredakan pengar dengan lebih cepat, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini.

1. Asparagus

Senyawa yang ditemukan dalam asparagus membantu memecah alkohol, sehingga memungkinkan toksin lebih cepat ke luar dari dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa Yang Wajib Anda Tahu

2. Air kelapa

Kandungan elektrolit dan potasium tinggi dalam air kelapa mampu secara alami menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa punya keunggulan lagi yaitu lebih mudah dicerna tubuh.

3. Air lemon

Saat kamu mengonsumsi minuman keras, organ hati akan bekerja dua kali lebih keras untuk menyaring zat racun dari aliran darah, supaya tak sampai ke organ lainnya. Untuk membantu hati dalam proses detoksifikasi, kamu bisa minum satu gelas campuran air dan setengah buah lemon.

4. Jahe

Jahe selama ini dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan mual. Gejala yang sama dialami mereka yang baru sadar dari keadaan mabuk, yakni rasa mual berlebihan. Anda bisa memanfaatkan jahe untuk meminimalisir rasa mual dan muntah.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

5. Jus tomat

Untuk memulihkan tubuh setelah "minum" semalaman, Anda bisa konsumsi jus tomat segar pagi harinya. Hal ini bisa membantu dalam pencernaan alkohol dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan jus tomat bisa meningkatkan fungsi kerja hati, yang berarti mempercepat pencernaan alkohol. Kandungan antioksidan tinggi dan vitamin dalam tomat juga bisa mengembalikan nutrisi tubuh yang hilang.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi setelah minum alcohol untuk menghilangkan pengar atau hangover. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Mitos Tentang Makanan yang Menyembuhkan Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News