HOME, Bugar

Mitos Tentang Makanan yang Menyembuhkan Covid-19

Mitos Tentang Makanan yang Menyembuhkan Covid-19

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali informasi yang beredar tentang makanan yang bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Informasi terkait hal ini juga menyebar di mana-mana, bahkan tidak sedikit orang yang mempercayainya dan juga mengonsumsi makanan tersebut dengan dalih ampuh menyembuhkan Covid-19.

Setidaknya ada 9 makanan yang dipercaya bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Dilansir dari WHO dan beberapa sumber lainnya, makanan ini termasuk mitos dan belum teruji secara ilmiah terkait kandungan yang bisa menyembuhkan Covid-19, berikut penjelasannya. 

1. Teh herbal 

Tidak ada bukti yang mendukung penggunaan teh herbal untuk mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Sejauh ini teh herbal bisa dikonsumsi dan memiliki kandungan untuk merelaksasi diri dan menghangatkan tubuh. 

2. Mengonsumsi probiotik 

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang umumnya ditambahkan ke makanan atau digunakan sebagai suplemen makanan untuk memberikan manfaat kesehatan.

Belum ada bukti yang mendukung penggunaan probiotik untuk membantu mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Baca Juga: Tanaman Herbal yang Ampuh Menambah Daya Tahan Tubuh

3. Mengonsumsi jahe

Tidak ada bukti bahwa makan jahe telah melindungi orang dari Covid-19. Namun, jahe adalah makanan yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Jahe juga memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh dan menambah daya tahan tubuh bukan berarti menyembuhkan Covid-19.

4. Makan bawang putih

Tidak ada bukti bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari Covid-19. Memang ada beberapa manfaat bawang putih seperti meredakan hidung pengar dan menghangatkan tubuh, namun bukan berarti menyembuhkan Covid-19.

5. Mengonsumsi makanan pedas

Tidak ada bukti bahwa menambahkan cabai ke makanan dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Baca Juga: Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

6. Racikan air kelapa muda, jeruk nipis, garam, dan madu.

Klaim tersebut belum terbukti secara medis, bahkan bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung. Mengonsumsilah obat-obatan sesuai anjuran dokter agar Covid-19 segera sembuh. 

7. Berkumur dengan air garam

Belum ada bukti ilmiah bahwa kandungan natrium yang terdapat dalam air garam dapat membunuh virus penyebab Covid-19.

8. Campuran air panas dan lemon

Tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa campuran air panas dan lemon dapat mengobati Covid-19 melainkan bisa menjadi asupan untuk menambah daya tahan tubuh dan memberikan asupan vitamin C yang tinggi untuk tubuh, bukan berarti bisa membunuh virus Covid-19 yang ada pada tubuh.

9. Menghirup uap panas

Menghirup uap panas tidak akan membunuh atau menyembuhkan tubuh dari virus Covid-19, melainkan bisa membantu meredakan gejala anosmia atau kehilangan indera penciuman saat Anda mengalami Covid-19.

Moms, jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar tanpa sumber yang jelas. Sebaiknya saat gejala Covid-19 muncul, langsung lakukan pemeriksaan dan melakukan isolasi mandiri serta menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran tenaga kesehatan agar Covid-19 bisa teratasi dengan baik. 

Selanjutnya: 5 Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News