Mulai Hari Ini Pembelian Kereta Jarak Jauh Wajib Pakai KTP

Reporter: RR Putri Werdiningsih
Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Mulai Hari Ini Pembelian Kereta Jarak Jauh Wajib Pakai KTP

ILUSTRASI. Penumpang kereta menikmati fasilitas layanan dari PT. KAI yang disediakan saat akan melakukan perjalanan dengan tujuan Stasiun Balapan Solo dari Stasiun Gambir, Jakarta.KONTAN/Fransiskus Simbolon

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini menerapkan aturan baru terkait sistem pembelian tiket kereta api jarak jauh. Kalau selama ini pembelian tiket bisa dilakukan dengan mencantumkan salah satu dari berbagai nomer identitas yang dimiliki, kini sudah tidak lagi. 

Mulai 26 Oktober ini pemesanan tiket kereta api hanya bisa dilakukan menggunakan identitas berupa no kartu tanda penduduk (KTP) bagi warga negara Indonesia (WNI) dan hanya menggunakan nomor paspor bagi warga negara asing (WNA). 

Baca Juga: Punya Masalah Kulit Kering? Konsumsi Buah dan Sayur Ini untuk Memperbaikinya

“Kalau selama ini belum diwajibkan. Masih ada yang pakai no paspor, masih ada yang pakai nomor SIM,” beber Eva Chairunisa, Kahumas PT Daop I Jakarta kepada momsmoney.id. 

Aturan ini sengaja diterapkan agar memudahkan proses validasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon pelanggan. Dengan menggunakan data NIK maka data vaksinasi akan langsung diverifikasi saat proses boarding. Apalagi KAI juga telah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi. 

Kewajiban penggunaan KTP ini juga berlaku bagi pelanggan yang terdaftar pada program membership KAI Access ataupun pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi. Menurutnya jika calon konsumen yang termasuk dalam dua kategori ini belum menggunakan data identitas berupa NIK maka yang bersangkutan wajib melakukan update data agar proses verifikasi berjalan lancar. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Cerah & Cegah Penuaan

Proses Update data dapat dilakukan melalui Loket Stasiun, Aplikasi KAI Access dan Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121 mulai 15 Oktober 2021. 

Sebelumnya, aturan wajib NIK ini juga sudah mulai diterapkan pada pemesanan dan pembelian tiket KA Lokal pada 31 Agustus 2021. Kini kebijakannya diperluas untuk pemesanan dan pembelian tiket KA Jarak Jauh.  

Selanjutnya: Tiga Manajer Investasi Jadi MI Terbaik dalam Bareksa-KONTAN Fund Awards 2021

 

Editor: Putri Werdiningsih
Terbaru