HOME, Keluarga

Punya Masalah Kulit Kering? Konsumsi Buah dan Sayur Ini untuk Memperbaikinya

Punya Masalah Kulit Kering? Konsumsi Buah dan Sayur Ini untuk Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Selain skincare, makanan juga sangat memengaruhi kesehatan kulit. Selama ini, kita disarankan untuk cukup minum air putih setiap harinya. Selain memenuhi kebutuhan air harian, mengonsumsi makanan sehat juga sangat disarankan untuk menunjang penampilan kulit.

Jika selama ini Anda sering mengeluhkan kondisi kulit Anda yang kering, maka inilah saatnya bagi Anda untuk rajin makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur.

Sebagai masukan, inilah buah dan sayur yang patut Anda masukkan ke dalam menu makan Anda guna memperbaiki kekeringan pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Pepaya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Pria

1. Timun

Timun mengandung 96% air yang mana jumlah ini menjadi kadar air tertinggi dalam makanan padat.

Selain tinggi kandungan air, timun juga mengandung caffeic acid yang berguna untuk membantu mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar matahari sekaligus menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

2. Seledri

Seledri tidak hanya dikenal sebagai sayuran rendah kalori, melainkan juga dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh para pemilik kulit kering. Tidak berhenti di situ, seledri pun kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Selain untuk kulit, khasiat seledri lainnya yaitu mampu menetralkan asam lambung. Oleh sebab itu, seledri sering direkomendasikan sebagai obat alami untuk sakit maag dan refluks asam.

3. Semangka

Terdiri dari 92% air, semangka dianggap sebagai obat mujarab oleh sebagian besar orang untuk menghidrasi kulit mereka.

Menjadi sumber likopen yang tinggi, semangka juga mengandung vitamin C dan mineral penghidrasi seperti magnesium dan potasium. Buah menyegarkan yang satu ini diklaim mampu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kekeringan pada kulit. Pada saat yang sama, semangka bahkan dapat mendorong produksi sel kolagen dan elastin.

4. Nanas

Nanas memiliki kandungan air sebanyak 87%. Nanas juga kaya akan enzim bromelain yang berperan sebagai anti-inflamasi dan mampu membantu tubuh mencerna makanan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas dapat membantu pembentukan kolagen untuk mencegah penuaan kulit. Sementara itu, kandungan potasium di dalam nanas berguna untuk membantu pemulihan otot pasca workout.

5. Tomat

Tomat memiliki kandungan air yang tinggi dan juga likopen yang merupakan antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari serta mengontrol kerusakan akibat radikal bebas.

Terkenal juga sebagai buah kaya vitamin C, cara terbaik untuk mengonsumsi tomat yakni dengan memakannya dalam kondisi mentah. Anda dapat mencampurkan tomat ke salad atau mengolahnya menjadi jus untuk merasakan sensasi makan tomat mentah yang nikmat.

6. Jeruk nipis

Termasuk dalam keluarga jeruk, jeruk nipis mengandung hampir 90% air. Kaya akan vitamin C, jeruk mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen.

Buah yang rendah kalori ini cocok untuk Anda konsumsi usai berolahraga karena sifatnya yang sangat menghidrasi serta sensasinya yang begitu menyegarkan.

7. Beri-berian

Dikemas dengan kandungan air dan antioksidan yang tinggi, buah beri seperti raspberry, blueberry, dan blackberry bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meski semua beri bagus dalam hal menghidrasi, namun stroberi lah yang berada di urutan teratas. Dengan rajin mengonsumsi beri, kesehatan sel kulit bagian dalam pun akan terjaga dan tetap lembab dari dalam.

Selanjutnya: 5 Kelebihan Kapas Reusable Dibandingkan Kapas Sekali Pakai, Lebih Aman untuk Kulit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News